Wujudkan Ketahanan Wilayah, Babinsa 03/ Bandongan Lakukan Pendataan Wilayah

Bandongan,- Salah satu upaya yang dilakukan Babinsa dalam mewujudkan ketahanan di wilayah binaanya adalah selalu memperbarui data wilayahnya, seperti yang dilakukan Serka Zamroni dirinya selalu memperbarui data wilayahnya,yang meliputi geografi, demografi dan kondisi sosial (Geodemokonsos), Senin ( 09/03).

Sebagai ujung Tombak satuan kewilayahan, Serma Zamroni melaksanakan pendataan di Desa Kalegen dengan terjun langsung ke warga dari dusun ke dusun dan juga ricek ke kelurahan untuk mendapatkan data yang akurat.

“Dalam pendataan wilayah, kita berkerjasama dengan aparat pemerintahan desa, kali ini kita mendata jumlah penduduk baik usia Balita hingga Lansia,” terang Zamroni.

Hal ini sangat penting, lanjut Zamroni, selain mengetahui jumlah terkini warga binaannya pendataan tersebut juga untuk memantau warga pendatang maupun tamu yang datang dengan harapan kondisi situasional Desa tetap kondusif.

Slamet Budiono sebagai Kepala Desa ( Kades) Kalegen menyambut baik apa yang dilakukan oleh Babinsa, dirinya juga mengapresiasi kinerja babinsa yang selama ini bisa menjadi mitranya.

“Tentu kami sangat senang Babinsa selalu aktif di wilayah baik dalam kegiatan kemasyarakatan maupun sosial lainya” tutur Slamet.

Di tempat terpisah Danramil 03/ Bandongan Kapten Inf Winarya menyampaikan bahwa setiap Babinsa kewilayahan harus tetap menjaga kondusifitas wilayah ataupun memantau perkembangan situasi disetiap waktu.

“Babinsa harus mempunyai kecepatan deteksi dini dan cegah dini, menjadikan warga binaan sebagai teman, rekan dan keluarga serta mitra dalam menjaga kondusifitas wilayah dan mewujutkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat” terang Danramil

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *