Wasbang Di TMMD Kodim Wonosobo

Penyuluhan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) yang masuk dalam materi kegiatan non fisik dilaksanakan oleh anggota Satuan Tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-110 TA. 2021 Kodim 0707/Wonosobo di Desa Gemblengan Kec. Garung Kab. Wonosobo. Selasa (09/03/21).

Pada TMMD Kodim 0707/Wonosobo  di Desa Gemblengan Kec. Garung kali ini melibatkan sejumlah warga dan beberapa tokoh masyarakat yang berlangsung di Gedung Olahraga Desa Gemblengan.

Sementara sebagai pemateri adalah Wadan Satgas TMMD Reguler Ke-110 TA. 2021 Kodim 0707/Wonosobo, Kapten Inf Sutarto, Imron Awaludin dari Kemenag Kab. Wonosobo, Catur Widodo Hadi dari kesbangpol ,dan Kun Nuryanto dari Dinsos Kab. Wonosobo.

Di hadapan 30 peserta penyuluhan, Kapten Inf Sutarto menjelaskan sejarah Indonesia dari masa ke masa. Mulai Kerajaan Sriwijaya hingga masa Kerajaan Majapahit.

Dijelaskan pula sejarah masa penjajahan, kebangkitan nasional, Sumpah Pemuda, perang merebut kemerdekaan  hingga masa setelah Indonesia Merdeka.

“Perjuangan para pendiri negeri ini harus kita hormati, jangan sampai disia-siakan,” kata dia,

Di akhir materinya, Kapten Inf Sutarto yang merupakan Danramil 04/Garung Kodim 0707/Wonosobo mengajak masyarakat untuk lebih mengerti, memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila.

Adapun tujuan dari Wasbang adalah untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *