Warga Lereng Merapi Mengungsi,Dandim 0732/Sleman Cek Posko Pengungsian

Sleman — Komandan kodim 0732/Sleman Letkol Inf Arief Wicaksana,S.H.,M.,Han.didampingi Anggota komisi A DPRD kabupaten Sleman Ibu Ani Martanti S T.Ka BPBD Kab Sleman Bapak Joko Supriyanto,Danramil Pakem kapten Inf Widada serta Perwira seksi Oprasi kodim Sleman kapten Inf Suparyono,Pasintel Lettu Inf Siswanto,melihat langsung  pengungsi yang ada di Barak Pengungsian PNPM Mandiri Banjarsari Glagaharjo Cangkringan yang telah dibuat dengan standar protokol kesehatan ketat.Senin (9/11/20)

Hal ini guna membantu proses evakuasi dan menyiapkan sarana prasarana untuk kebutuhan pengungsi. Saat di lokasi pengungsian, Komandan Kodim Sleman juga menyempatkan berbincang dengan pengungsi yang sudah Lansia agar tetap tenang dan menjaga kesehatan.

“Semuanya diminta tenang karena sudah ada di titik aman di barak pengungsian yang akan di dampingi oleh Babinsa dan perangkat desa,” ucapnya”.

Lanjut Dandim,pengungsian itu ruangan luas disekat-sekat menggunakan triplek setinggi sekitar 1,5 meter dan lebar 2 meter persegi.

Masing-masing sekat,hanya bisa digunakan oleh pengungsi yang terdiri dari satu keluarga.Mereka akan mengungsi sampai kondisi Merapi dinyatakan aman. jadi antar keluarga bisa dibatasi. Dengan cara itu, meskipun Merapi aktif dan mereka mengungsi, tapi di posisi pengungsian mereka aman karena protokol kesehatan terjaga.”

Penerapan protokol kesehatan di tempat penguingsian lanjut Dandim sangatlah penting. Apalagi, banyak pengungsi yang masuk dalam kelompok rentan, karena sudah lanjut usia dan banyak anak-anak.

”Banyak di antara mereka para pengungsi ini yang masuk golongan rentan, maka cara ini yang paling bagus dan semoga menginspirasi daerah lainnya,”tegasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *