Upaya Maksimal POSKO PPKM Mikro Triharjo Patut Menjadi Contoh

Kulon Progo. Tim Wasev PPKM Mikro Kodam IV/Diponegoro dipimpin oleh Kolonel Inf Tri Suseno, S.Sos., Pamen Ahli Bidang Ekonomi Kodam IV/Diponegoro, melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Kodim 0731/Kulon Progo, dalam rangka peninjauan POSKO PPKM Mikro di Kalurahan Triharjo Kapanewon Wates, Minggu (14/02/2021)

 

Kedatangan Tim Wasev disambut oleh Komandan Kodim 0731/Kulon Progo Letkol Inf Yefta Sangkakala, S.Sos., beserta Perwira Staf, Wakapolres Kulon Progo Kompol Sudarmawan, Spd.MM., Forkopimka Kapanewon Wates, Lurah, Pamong dan Tim Relawan Kalurahan Triharjo.

 

Kolonel Inf Tri Suseno, S.Sos., dalam sambutannya mengatakan bahwa kedatangan kami untuk melihat secara langsung POSKO PPKM Mikro di wilayah.

 

“Terima kasih kepada Pak Lurah, poskonya mantap, dapat menjadi contoh bagi Kalurahan yang lain, sudah terlihat dengan adanya catatan keluar masuk orang dengan baik”.

 

Kami minta bantuan kepada Panewu, agar penanganan PPKM Mikro dilakukan secara bersama-sama. Dari data yang disampaikan, ada indikasi penurunan drastis angka pasien Covid-19 di Kalurahan ini, yang merupakan hasil kerja keras para Babinsa,  Bhabinkamtibmas, Lurah dan Relawan. Kami berpesan apabila menegur masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan agar secara humanis. Untuk kegiatan keramaian agar dilakukan secara shift bergelombang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Terkait pelaksanaan vaksinasi agar masyarakat jangan takut dan abaikan suara yang sumbang, tetap semangat, berolahraga dan berjemur matahari, karena berjemur dapat membuat imun tubuh kita menjadi kuat.

 

Wakapolres Kulon Progo mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kalurahan Triharjo yang telah menyiapkan POSKO PPKM Mikro dengan cukup baik sehingga mendapat penilaian bagus dari Tim Wasev.  Kalau cuma mengandalkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam penanganan Covid-19 tentu tidak akan mampu, sehingga perlu di back up oleh relawan dan peran serta aktif masyarakat.

 

Kepala Puskesmas Wates dr. Susilo mengajak kepada semua pihak agar tetap bersemangat dalam menghadapi Covid-19 ini, diharapkan maping tingkat RT bisa memudahkan Puskesmas dalam pemulihan kesehatan. Harapan kami apa yang dilakukan masyarakat Triharjo ini bisa ditiru oleh masyarakat Kalurahan lainnya.

 

Panewu Wates Santoso, SIP. M.Si., menyampaikan bahwa sekarang ini kita jangan ragu-ragu lagi dalam penanganan Covid-19 karena sudah dianggarkan minimal 8% dari dana Kalurahan.  Untuk alokasi anggaran Kalurahan Triharjo saat ini sudah 10%, dan merupakan yang pertama kali di Kulon Progo. Langkah nyata yang kita wujudkan adalah dengan memberikan bantuan logistik kepada  pasien isoman. Dengan adanya kunjungan ini diharapkan dapat memotivasi kinerja kami dalam penanganan Covid-19 dan terima kasih kepada Danramil serta Kapolsek yang telah membina dan memberi edukasi kepada masyarakat.

 

Dandim 0731/Kulon Progo, Letkol Inf Yefta Sangkakala, S.Sos., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim Wasev dari Kodam IV/Diponegoro. Dilihat dari data yang ada di Triharjo hanya ada 2 yang kuning dan lainnya hijau. Kita harus mempunyai kesadaran dalam penanganan Covid-19 ini dan menurut kami hikmah adanya Covid-19 ini adalah membiasakan diri kita untuk hidup bersih dan sehat. Terhadap Covid-19 kami berpesan jangan terlalu takut namun juga jangan terlalu berani, yang terpenting selalu mengedepankan protokol kesehatan. Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar gemar berolahraga untuk meningkatkan imun tubuh kita sehingga mampu melawan Covid-19.

 

Dari hasil peninjauan yang dilakukan Tim Wasev dapat diambil kesimpulan bahwa POSKO PPKM Mikro Kalurahan Triharjo sudah cukup bagus karena berada di lokasi yang mudah diakses, ventilasi cukup, ruang memadai, berada di tempat yang bersih dan sehat, sarana prasarana lengkap dan sudah dilengkapi dengan piranti lunak seperti jadwal patroli beserta buku catatan hasil patrol, jadwal sosialisasi, buku pencatatan riwayat warga positif Covid-19, buku laporan mingguan, kumpulan aturan SOP dan PPKM Mikro. (Pendim 0731/KP).

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *