Unsur Forkopimda Kabupaten Kulon Progo Lepas Peserta Lomba Drumband

Dalam rangka memeriahkan Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019, selain Lomba Pawai dan Karnaval, Pemda Kabupaten Kulon juga menyelenggarakan Lomba Drumband bagi pelajar SD/MI, SLTP dan SLTA se-Kabupaten Kulon Progo, dengan jumlah seluruh peserta sebanyak 21 tim, yang dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Ketua DPRD dan Kepala OPD Kabupaten Kulon Progo serta ribuan pengunjung yang tersebar di area start dan sepanjang rute yang akan dilalui.  Pada kesempatan ini Dandim 0731/Kulon Progo diwakili oleh Kapten Czi Sugiarta, Danramil 03/Kokap.

Budi Hartono, S.Si., M.Si (Ka Kesbangpol Kab. Kulon Progo) selaku Panitia dalam laporannya mengatakan bahwa lomba drumband yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan dan menanamkan semangat juang para pahlawan kepada generasi penerus, sekaligus untuk mengisi dan menyemarakkan HUT ke-74  Kemerdekaan RI Tahun 2019. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk menanamkan jiwa kebangsaan, disiplin, kekompakan, kerjasama, dan kreativitas pelajar, sebagai sarana pengembangan bakat pelajar serta menggerakkan ekonomi lokal.

Wakil Bupati Kulon Progo dalam sambutan yang disampaikan oleh Ir. Bambang Tri Budi Harsono, MM (Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Sekda Kab. Kulon Progo), antara lain mengatakan bahwa drumband menjadi kegiatan ekstra kurikuler ditiap-tiap sekolah dan menjadi ekstra kurikuler unggulan.  Kegiatan ini diharapkan membawa dampak yang positif bagi pengembangan ekonomi lokal dan merupakan pendidikan karakter.

Peserta Lomba Drumband sebanyak 21 tim terdiri dari, SD/MI 12 tim, SMP/MTS 4 tim dan SMA/SMK 5 tim.  Rute yang ditempuh adalah, Alun-Alun Wates sebagai tempat persiapan, Start Depan Rumah Dinas Bupati Kulon Progo ke Barat – Eks Kantor Dinkes ke Timur – Depan Pemda Kulon Progo – Watulunyu – Serut – Perempatan UNY – Finish SD Negeri Percobaan 4 Wates.

Pelepasan peserta lomba ditandai dengan pemukulan drum oleh Ka Kesbangpol didampingi Ketua DPRD Kulon Progo serta Unsur Forkopimda Kabupaten Kulon Progo.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *