TNI Bersama BPBD, Polri dan Relawan Evakuasi Pohon Tumbang

Diterjang angin kencang, pohon berukuran besar tumbang menimpa rumah warga di Dusun Kleyang RT 12 RW 01 Desa Pungangan Kecamatan Mojotengah, Wonosobo. Rumah mengalami kerusakan cukup parah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun sejumlah penghuni rumah mengalami luka ringan terkena reruntuhan, kejadian pohon tumbang menimpa rumah milik Sugiman (35), terjadi pada Minggu (6/12/2020) sekitar pukul 10:30 WIB.

Danramil Mojotengah, Kapten Czi Sarwiyono, mendapat laporan kejadian pohon roboh, pihaknya telah menerjunkan anggotanya untuk membantu proses pemotongan pohon dan membersihkan rumah yang rusak. “TNI bersama BPBD, Polri dan relawan membantu warga masyarakat membantu mengevakuasi pohon yang roboh dan membersihkan reruntuhan.

Karena kondisi rumah rusak cukup parah, maka Danramil yang juga merangkap Pasi Ops Kodim merencanakan untuk melaksanakan karya bakti bersama komponen yang lain baik dengan Polsek, Kecamatan, BPBD dan tentunya masyarakat sekitar akan mengadakan perbaikan rumah tersebut, sehingga cepat ditempati kembali.

Tidak lupa karena saat ini cuaca belum menentu, curah hujan tinggi maka diharapkan masyarakat untuk selalu waspada.  Jika sekitaranya disekitar kita akan terjadi bencana maka segeralah mencari tempat yang aman.  Baik itu kejadian tanah longsor, maupun angin puting beliung.

Menurut Anggota Pusdalops BPBD Wonosobo, Sabarno, karena ukuran pohon cukup besar, menyebabkan rumah korban mengalami kerusakan berat. Atap beserta isi rumah mengalami kerusakan-kerusakan. “Rumah ditinggali satu keluarga dan dengan jumlah empat jiwa. Akibat kejadian itu, penghuni rumah bernama Narza Alfatunnisa (1,5) mengalami luka ringan dan harus dibawa ke rumah sakit umum untuk mendapatkan perawatan,” tuturnya.

Karena kondisi rumah mengalami kerusakan parah, kelurga korban sementara waktu mengungsi ke rumah orang tuanya bernama Suwandi di RT 12 RW 01 Dusun Kleyang Jurang Desa Pungangan. Pihaknya menaksir kerugian atas kejadian tersebut mencapai sekitar Rp 50 juta. Selain rumah penduduk, pohon tumbang juga mengenai jaringan listrik PLN, sehingga kondisi listrik sempat mengalami padam.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *