TMMD Reguler ke-107 Penyuluhan Kesehatan Bagi Warga

Dalam rangka pelaksanaan giat Non Fisik TMMD Reguler ke-107 Kodim 0731/Kulon Progo, segenap warga Purwosari, Girimulyo, menerima Penyuluhan Kesehatan dari Petugas Puskesmas Girimulyo, yang berlangsung di Rumah Dukuh Prangkokan, giat dilaksanakan selama kurang lebih satu setengah jam, Selasa sore (07/04).

Sebelum kegiatan dilaksanakan warga diwajibkan untuk mencuci tangan dengan hand sanitizer dan memakai masker serta  jarak duduk dan berdiri mereka diatur agak berjauhan agar jangan sampai bersentuhan atau bersinggungan, hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran Covid 19.

Ibu Widi dari Puskesmas Girimulyo sebagai narasumber memberikan materi berkaitan situasi dan kondisi yang berkembang saat ini, dengan semakin meluasnya penyebaran Covid 19 di wilayah Indonesia dan negara-negara lain di seluruh dunia.

Ia juga menghimbau terhadap warga agar mematuhi aturan yang ditetapkan pemerintah guna memutus penyebaran virus tersebut.  Senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta olah raga agar terpelihara kesehatannya dan terhindar dari ancaman penyebaran berbagai penyakit lainnya, tambahnya.

Selesai penyuluhan warga diajarkan atau diberi contoh cuci tangan yang benar, dengan menerapkan enam langkah yaitu : basahkan kedua tangan dan berilah sabun secukupnya, gosokkan kedua telapak tangan, gosoklah punggung tangan, gosoklah kedua tangan hingga ke sela-sela jari, gosoklah pada bagian belakang jari-jari dan gosoklah bagian ujung pada jari tangan.

Selain penyuluhan kesehatan warga juga diberikan materi tentang bela negara oleh Danramil 04/Samigaluh, Kapten Inf Supardi dan materi tentang pertanian oleh Bapak Ngadiran dari Dinas Pertanian Kulon Progo

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *