Tingkatkan Disiplin Linmas Desa Balerejo Dilatih PBB Dan Wasbang

Kedisiplinan adalah salah satu modal pokok dalam keberhasilan melaksanakan tugas ataupun kegiatan. Demi melatih  kedisiplinan Linmas, Babinsa Koramil 02 Kaliangkrik jajaran Kodim 0705/magelang Sertu Pamugar memberikan pelatihan peraturan baris berbaris (PBB) dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada Linmas Desa Balerejo, desa binaan yang menjadi tanggungjawabnya.

Diungkapkan Babinsa, selain tugasnya membantu masyarakat binaan, Babinsa jajaran Kodim 0705/Magelang juga melatih anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam rangka Pembinaan Pertahanan Wilayah (Binwanwil).

“Salah satu kegiatan Binwanwil yang dilaksanakan Babinsa Koramil 02/kaliangkrik, Sertu pamugar memberikan Materi yang meliputi Peraturan Baris Berbaris (PBB) serta Wawasan Kebangsaan ,”Terang Pamugar.

Menurutnya, di selenggarakannya pelatihan tersebut untuk mendidik dan melatih disiplin para anggota Linmas, sehingga diharapkan ke depannya dapat diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan di lingkungannya.

“Selain menjadi aparat pelindung masyarakat, Linmas juga merupakan bagian dari masyarakat, sehingga harus dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat bela negara,’’tambah pamugar.

Sementara itu menurut kades Desa Balerejo Salman alfarizi, kegiatan pelatihan Linmas Desa Balerejo tersebut bertujuan juga untuk pembinaan mental, jiwa korsa/kebersamaan kepada rekan sesama Linmas serta loyalitas yang tinggi atas perintah atasan sehingga menumbuhkan jiwa patriotisme cinta terhadap bangsa dan tanah air.

“Pelatihan ini juga untuk mempersiapkan diri dalam pengamanan menjelang hari raya idul fitri  yang sebentar lagi akan segera datang dimana saat ini mudik masih dilarang tentu para linmas ikut berperan dalam mendata masyarakat yang tetap nekat mudik dimana pemudik yang sudah terlanjur mudik wajib menjalani rapid antigen guna memutus rantai Covid-19,” tandasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *