Sungai Bersih pertanda masyarakat peduli lingkungan

Koramil 10/Selomerto, Polsek, masyarakat Desa Candi dan Komunitas Peduli Sungai Perjaka (Persatuan Jaga Kali) melaksanakan kegiatan karya bakti  ( Jum’at Bersih ) sepanjang sungai Kaliputih Selomerto. Dengan sasaran membersihkan sungai dari sampah, menanam pohon.

Kegiatan diawali dengan apel bersama dan dilanjutkan pembersihan, dengan alat seadanya berupa parang dan sabit, cangkul Babinsa dan warga secara bergotong royong bahu membahu bersama warga mengangkat sampah dan mengumpulkannya di tepian sungai untuk kemudian dibuang dengan cara ditanam agar bisa dimanfaatkan sebagai kompos.

Kapten Inf Kusno Miharto selaku Danramil Selomerto menghimbau kepada warga masarakat untuk peduli dengan lingkungan, tidak membuang sampah disungai sehingga air bersih jaga kelestarian lingkungan, sehingga sungai bersih, air lancar dn tidak tercemar kotoran/sampah dn tidak menimbulkan banjir.

Disampaikan pula agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai, karena dampaknya akan menumpuk yang bisa mengakibatkan aliran sungai tersumbat dan menjadi tidak lancar sehingga air sungai bisa meluap dan mengenangi sawah maupun perkampungan, yang fatal lagi berakibat gagal panen.  Disamping itu dengan adanya pembersihan sungai   ekosistem sungai tetap terjaga kebersihannya, karena manfaat dari sungai tersebut akan memberikan ketersediaan air untuk menunjang pada bidang pertanian yang dapat mendistribusikan pengairan ke lahan persawahan milik warga secara maksimal.

“Kepada seluruh warga masyarakat juga diharapkan ikut menjaga kelestarian lingkungan dengan tetap memelihara kebersihan sungai terutama tidak menjadikan sungai sebagai tempat untuk membuang sampah sehingga ekosistem yang ada didalamnya terhindar dari kepunahan dan bisa dinikmati oleh generasi yang akan datang”, pungkas Danramil.

Sementara Supono selaku kepala desa Candi juga menambahkan, kegiatan bersama ini sebagai kampanye untuk memberdayakan pola hidup bersih ditengah masyarakat, bukan saja dalam lingkungan sekitar rumah, namun lingkungan alam yang ada disekitar juga harus kita jaga kelestariannya agar tetap memberikan manfaat bagi seluruh warga, ujarnya.

Muda-mudahan dengan kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menciptakan kepekaan terhadap lingkungan alam disekitarnya, selalu menjaga kebersihan dan merawat terutama sungai yang saat ini sudah kita bersihkan bersama-sama, agar saat musim hujan datang aliran airnya lancar tidak tersumbat oleh kotoran berupa sampah yang dapat menyebabkan terjadinya banjir ditengah pemukiman warga,” Pungkasnya.

Ketua KPS Perjaka Purwono menyampaikan “Air bersih sangat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat juga, menjaga kebersihan dan memelihara sungai merupakan kewajiban semua pihak, terutama warga yang berada di sekitar sungai. Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat lebih peduli terhadap sungai. “Karya bakti bersih sungai ini didukung berbagai pihak, selain masyarakat, ormas juga termasuk dinas kebersihan.

Dengan kerja sama TNI dan masyarakat, dalam waktu singkat, sampah menumpuk di sungai cepat dibersihkan.   meminta seluruh masyarakat untuk saling mengingatkan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, khususnya sungai.

Purwono juga mengajak apabila ada masyarakat yang membuang sampah ke sungai, agar diingatkan dan ditegur sehingga sadar dan tumbuh kepedulian cinta kebersihan.

Tidak lupa dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih khususnya kepada TNI dan Polri yang telah membersamai dalam rangka mengajak semua komponen masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan disekitar kita.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *