Sosialisasi Kegawat Daruratan Psikiatri

Kulon Progo.  Anggota Koramil Lendah, Kodim Kulon Progo, Senin, 15 April 2019, pukul 09.00-11.30 WIB, mengikuti Sosialisasi Kegawat Daruratan Psikiatri dengan narasumber  Puji Sukarjo.Skep.NS.MPH dari Rumah Sakit Jiwa Grasia Pakem Sleman Yogyakarta.   Kegiatan diselenggarakan di Pendopo Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo.

Sosialisasi dihadiri oleh Camat Lendah yang diwakili Anta Sumawu, dr. Yuwita dari Puskesmas Lendah 1, dr. Dwi Sutarjo dari RSJ Grasia, Babinsa Koramil dan Bhabinkhamtibmas Polsek Lendah, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Lendah (H. Abdul Rozak, S.Ag.MA), Perwakilan Dukuh dan Kader Kesehatan dan Tamu Unsangan lainnya.

  1. Yuwita dari Puskesmas Lendah 1 menyampaikan bahwasanya penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)/orang sakit jiwa adalah tanggungjawab kita semua antar instansi.  Jadi, mari kita bersama-sama peduli dengan ODGJ tersebut, terutama yang ada disekitar kita.
  2. Puji Sutarjo dari RSJ Grasia mengatakan bahwa orang sakit jiwa akan lebih mendengarkan terhadap keluarga yang empaty, peduli dan memahami ODGJ, orang yang bicara dengan tenang dan tegas, Dalam penanganannya keluarga harus segera membawa  ODGJ ke fasilitas kesehatan untuk mengamankan sementara, agar tidak mengganggu orang lain.  Selanjutnya agar dibawa ke RSJ Grasia untuk penanganan lebih lanjut.

Dengan sosialisasi tersebut diharapkan dapat menambah wawasan bagi pihak-pihak terkait, apabila mendapatkan ODGJ, sehingga segera dapat mengambil langkah yang tepat.  (Pendim 0731/KP).

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *