Simulasi Pancasila, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI  di Wilayah Jateng dan DIY

Kepala Pusbintal TNI (Kapusbintal TNI) Laksma TNI Dery Triesnanto Suhendi, S.E membuka langsung kegiatan Simulasi Pancasila, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan Mental Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Pusbintal TNI) di hotel Grand Quality Yogyakarta, Kamis (12/3).

 

Acara tersebut dihadiri pejabat TNI wilayah  Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diantaranya Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Muji Angkasa, Danrem 072/PMK Brigjen TNI M. Zamroni, S.IP, Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro, Kasintel Lanud Adisutjipto Letkol Windiantara serta perwakilan para perwira dan prajurit matra TNI AD, TNI AL dan TNI AU sejumlah 150 orang.

 

Dalam sambutannya Kapusbintal TNI menyampaikan beberapa hal diantaranya bahwa pelaksanaan simulasi mempunyai makna yang strategis sekaligus merupakan sarana komunikasi guna meningkatkan kwalitas mental prajurit TNI khususnya terkait dengan pemahaman dan kemampuan Prajurit dalam menuangkan pemikiran tentang bagaimana menjadi prajurit yang bertaqwa kepada Tuhan YME yang memiliki jiwa Nasionalisme serta militan dalam melaksanakan tugas. Pancasila merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, secara eksplisit telah tercantum dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI yang kita miliki bersama. Kita sadari tugas kita kedepan sangat berat dan kompleks, ada kecenderungan nilai- nilai luhur bangsa, landasan moral dan etika mulai terkikis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

Lebih lanjut Kapusbintal TNI menekankan bahwa semuanya akan berdampak langsung kepada penurunan kondisi mental prajurit dalam hal ini aspek ideologi penurunan disiplin/etos kerja, dalam upaya kita harus menanamkan nilai-nilai Pancasila, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dengan pendekatan sesuai perkembangan zaman.

 

“Pada prinsipnya upaya tersebut menyangkut unsur pemahaman, penghayatan serta pengamalan salah metode yang dapat di praktekan oleh kesatuan-kesatuan TNI”, sebagai ahkir sambutan Kapusbintal TNI.

 

Selesai acara pembukaan dilanjutkan kegiatan Simulasi Pancasila oleh para peserta yang terbagi menjadi 4 kelompok yakni kelompok 1 dari matra TNI AD, kelompok 2 dari matra TNI AL, kelompok 3 dari matra TNI AU dan kelompok 4 selaku Danyon dan staf, dilanjutkan pembulatan dan evaluasi serta pengarahan dilanjutkan penutupan oleh Kapusbintal TNI.(Penrem072Pmk)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *