Si Kecil Penyemangat

Semangat bekerja untuk membantu Satgas di lokasi TMMD Reguler ke 110 di Desa Gemblengan, Kecamatan Garung ternyata tidak hanya dipunyai oleh bapak bapak warga desa, namun semangat itu juga dipunyai oleh seorang anak kecil yang berumur 7 tahun, Nabhil namanya.

Dilihat dari sosoknya memang kecil, karena Nabhil baru kelas 1 di SDN 2 Gemblengan. Namun Nabhil seringkali ikut kakeknya Supriyono yang tinggal di Dusun Kasiman RT 05 RW 04 ke lokasi TMMD ketika mendapat giliran gotong royong. Di lokasi ini Nabhil melihat satgas dan warga mengangkat batu, maka timbul keinginan membantu. Sering dia diperingatkan oleh para Satgas disitu, namun ia tetap bersikeras ingin membantu. Tanpa hiraukan larangan, Nabhil ambil batu yang sekiranya bisa diangkat sesuai dengan kekuatan tenaganya dan segera diponggoknya batu itu, kemudian dibawa dan diserahkan kepada satgas yang sedang menata. Jumat (26/03/2021).

Nabhil ikut berbaur dengan Satgas dan warga lain. Saat itu satgas dari BKO Yonif 407/PK Pratu Feranto melontarkan pertanyaan padanya. Mengapa ikut ikutan bergotong royong angkat angkat batu, padahal masih kecil.

Sambil tersenyum Nabhil menjawab, ” Saya ingin sehat dan kuat seperti bapak tentara ini. Masa pak tentara saja semangat bekerja, saya tidak?”, kata Nabhil sambil melihat Pratu Feranto dan memperlihatkan otot lengannya.

Saat ditanya tentang cita citanya apakah ingin menjadi tentara, Nabhil menggelengkan kepala sambil mengucap, ” cita cita saya bila sudah besar nanti ingin jadi Ustadz, Sekarang ngajinya sudah juz 6 lho,” ucapnya kepada Pratu Feranto.

Wadansatgas TMMD reguler Kapten Inf Sutarto ketika dikonfirmasi mengatakan, suatu hal yang mestinya membuat orang dewasa termotivasi, dengan melihat seorang anak kecil, terlihat sangat antusias membantu mengangkat batu. Apa yang dilakukan Nabhil sangat menyentuh hati, karena pada dirinya tumbuh rasa kepedulian dan semangat kegotong-royongan yang muncul dalam jiwanya. Meski baru sebatas bermain, namun apa yang dilakukan Nabhil patut diapresiasi.

“Meski tenaga Nabhil masih terbatas, tetapi semangatnya patut diacungi jempol. Ya karena sudah memiliki inisiatif dan antusiasme dalam mendukung terealisasinya kegiatan TMMD. Saya sangat terharu dan bangga dengan kegigihannya,” paparnya.

Kemudian dengan malu malu Nabhil minta foto bersama dengan Pratu Feranto. Katanya foto itu buat kenang kenangan nanti bila sudah besar.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *