Semangat Babinsa Koramil Kalijajar Dalam Bergotong Royong

Babinsa Koramil 07/Kalikajar Serka Agus Susanto melaksanakan kegiatan gotong royong bersama Kelompok Tani Lumintu yang bertempat di Dusun Sigug Desa Kedalon Kecamatan Kalikajar dengan sasaran pembersihan saluran irigasi desa menuju lahan persawahan yang melintasi Jurang Sigug dengan  Lebar satu meter dan dengan  panjang 200 m. (10/02)

Kegiatan gotong-royong ini merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan pertanian dan dalam mengoptimalkan sistem irigasi yang ada di wilayah Dusun Sigug khususnya Desa Kedalon dengan baik maka harus dilakukan pembersihan parit yang tersumbat oleh sampah atau tumbuhan yang menyumbat aliran irigrasi tersebut, agar pengairan di sawah dapat berjalan dengan lancar sehingga hasil pertanian juga bisa berlimpah ruah.

“Saya bersama Kelompok Tani Lumintu terjun langsung ke lokasi untuk membersihkan saluran irigasi di area lahan mereka. Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus terus dijaga kelancarannya, sehingga sektor pertanian mampu menghasilkan hasil panen yang baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani, ” kata Serka Agus Susanto.

Menurutnya, pembersihan saluran irigasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi pertanian dalam menunjang program ketahanan pangan di Kabupaten Wonosobo serta guna meningkatkan kesejahteraan desa menuju swasembada pangan.

“Kerja bakti seperti ini akan mempererat jalinan silaturahmi antar warga. Dengan kerja bakti, kita akan saling mengenal dan dapat saling bertukar pikiran,”ungkapnya.

Pendampingan ini dilakukan untuk mengajak dan memotivasi para petani untuk melakukan pengolahan lahan, perawatan tanaman, dan perawatan teknis pengairan, agar hasil produksi padi semakin meningkat.

Dengan pembersihan saluran irigasi ini diharapkan air yang akan mengaliri areal sawah menjadi lancar dan dapat memudahkan para petani dalam mengolah lahan pertanian mereka. Semoga tidak ada lagi gangguan irigasi dalam memenuhi kebutuhan air di lahan para petani.

Toha Ketua Poktan Lumintu mengatakan “Kami merasa senang dan bersemangat bekerja dengan anggota TNI yang mau membantu mereka membersihkan saluran irigasi. Pekerjaan itu tidak terasa berat karena kita merlakukan dengan penuh bahagia, kami akrab dengan para tentara khusunya Kodim 0707/Wonosobo dan kami bangga bisa kerja, makan, bercanda dengan aanggota Koramil 07/Kalikajar,” ungkapnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *