Safari Taraweh Tingkat Kabupaten di Kalibawang

Kulon Progo.  Sabtu malam, 11 Mei 2019, pukul 19.00-21.50 WIB, bertempat di Masjid Al Iman Dusun Kisik, Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten  Kulon Progo, dilaksanakan kegiatan Safari Ramadhan dari Tim Safari Ramadhan Tingkat Kabupaten Kulon Prgo, yang dihadiri oleh ratusan orang.

Tergabung dalam Tim Safari tersebut antara lain Wakil Bupati Kulon Progo (Drs. Sutedjo), Dandim 0731/Kulon Progo (Letkol Inf Dodit Susanto, A.Md), Ir. R.Astungkoro (Setda Kulon Progo), Ir. Bambang Tri Budi H (Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi), Ir. Langgeng Basuki (Ketua Bapeda Kulon Progo), Drs. H. Abdul Madjid (Ketua Bazda Kulon Progo), Drs. Jazil Ambar Was’an (Kabag Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatn Kulon Progo), Drs.H. Nurudin.S.Ag (Kemenag Kulon Progo).   Kedatangan tim didampingi oleh Drs. Usdiarka (Camat Kalibawang), Kapten Inf Sukamta (Danramil Kalibawang), Kompol Endang S (Kapolsek Kalibawang) dan Kades se-Kecamatan Kalibawang.

Setelah Sholat Isya dan Sholat Taraweh berjamaah, dilanjutkan dengan pengajian oleh Drs. Abdul Hamid Tarwoco, yang menyampaikan tentang :

– tiga keutamaan yang ada pada Bulan Ramadhan yaitu ; bulan penuh rohmat, bulan penuh barokah dan bulan penuh  magfiroh.

– Bulan Ramadhan juga malam lailatui qodar atau malam seribu bulan pada malam itu orang yang beribadah akan dilipatkan gandakan amalanya serta malam turunnya Al quran dan Al quran merupakan pedoman bagi kehidupan manusia muslim

– sunah di bulan ramadhan adalah sahur, memperbanyak dzikir tasbih, sholat sunah, segera berbuka jika sudah waktunya dan memperbanyak shodaqoh kepada fakir miskin

Letkol Inf Didit Susanto A.Md menyampaikan tentang pembangunan Kulon Progo, hal yang luar biasa adalah adanya bandara baru di Kulon Progo, hal ini tentunya akan berdampak luas bagi peningkatan perekonomian masyarakat Kulon Progo termasuk didalamnya Kecamayan Kalibawang.  Berkaitan dengan tahapan pemilu sudah bisa kita lewati dengan lancar, harapannya pasca pemilu masyarakat bisa kembali bersatu dalam berbangsa dan bernegara.  Tugas kamtibmas tidak hanya tugas TNI Polri tetapi menjadi tugas kita semua. Berkembangnya medsos agar digunakan lebih bijak dengan tidak mengshare berita-berita hoaks.  Lebih lanjut Dandim menyampaikan bahwa adanya kabar Bapak Hasto diangkat menjadi Kepala BKKBN hal ini merupakan kinerja nyata yang telah dilakukan, diantaranya bedah rumah, bela beli dan gotong royong yang dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo dan kegiatan tersebut juga merupakan bentuk bela negara.

Setelah sambutan Dandim dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari Baznas Kulon Progo dan Baznas Kecamatan Kalibawang kepada Takmir Masjid Al Iman, pedagang kecil dan kaum dhuafa

Drs. H. Sutedjo (Wabup Kulon Progo) dalam sambutannya menyampaikan bahwa :

kegiatan Safari Ramadhan sudah berlangsung lama, selain kegiatan Safari Ramadhan juga dilaksanakan Safari Jum’at, Safari Subuh secara terus menerus oleh Tim Safari Pemda Kulon Progo.   Safari Teraweh sebagai salah satu media untuk meningkatkan tali silaturahmi antara Pejabat Pemkab dengan masyarakat. Selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi timbal balik dalam rencana pelaksanaan pembangunan disamping masyarakat dapat langsung menerima penjelasan dari para pejabat, masukan dari masyarakat dapat kita dengarkan.  Adanya Bandara YIA  di Kulon Progo, diharapkan  dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kulon Progo karena bandara baru tersebut merupakan bandara internasional dan juga direncanakan menjadi embargasi haji.

Safari Ramadhan dari Tim Safari Tingkat Kabupaten Kulon Prgo, di Masjid Al-Iman Kalibawang berlangsung dengan tertib dan berakhir dalam keadaan aman. (Pendim 0731/KP).

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *