Rakor Reformasi dan Birokrasi TNI Tahun 2021 di Buka

(Puspen TNI). Rapat Koordinasi (Rakor) Reformasi dan Birokrasi (RB) TNI Tahun 2021 dibuka oleh Wakil Inspektur Jenderal (Wairjen) TNI Marsda TNI Bowo Budiarto, CHRMP. Rakor tersebut diikuti oleh 25 peserta secara tatap muka dan 41 orang peserta secara virtual dari jajaran satuan Mabes TNI, Unit Organisasi (UO) Mabes TNI dan Angkatan, bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (27/5/2021).

Wairjen TNI yang membacakan amanat Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. mengatakan setelah satu dasawarsa pelaksanaan RB di lingkungan TNI, ini merupakan Rakor perdana. “Berbagai keberhasilan di bidang RB telah mampu diraih, dimana capaian tersebut mengarah pada perbaikan dan pembaruan mendasar terhadap penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek kelembagaan, ketatalaksanaan dan pengelolaan sumber daya manusia,” ujarnya.

Letjen TNI Ganip Warsito berharap forum ini dapat menjadi wadah silaturahmi, komunikasi dan koordinasi serta berbagi pengetahuan untuk mencari solusi terbaik dalam mempercepat pelaksanaan RB TNI, sehingga sasaran RB dalam Grand Design RB dapat tercapai.

“Diharapkan Rakor ini dapat menjadi forum pertukaran informasi tentang pelaksanaan RB di lingkungan Unit Organisasi Mabes TNI dan Angkatan, sehingga pada akhirnya berkontribusi kolektif dalam melakukan perbaikan dan pembaruan delapan area RB guna mewujudkan institusi TNI yang profesional, proporsional dan akuntabel,” jelas Kasum TNI.

Lebih lanjut Letjen TNI Ganip Warsito menyampaikan, dalam terselenggaranya Rakor RB para peserta dapat pengetahuan dan menggali informasi dari narasumber tentang berbagai rekomendasi strategi dan program yang menjadikan pelaksanaan RB di lingkungan TNI lebih baik di masa yang akan datang.

Pada Rakor RB TNI tahun 2021 mengusung tema “Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dalam rangka mewujudkan tata kelola di lingkungan TNI yang efektif, efisien, akuntabel dan berkinerja guna mendukung pelaksanaan Tugas Pokok TNI”. “Tema tersebut saya nilai sangat tepat, karena reformasi birokrasi menjadi tulang punggung dalam mewujudkan perubahan kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih maju,” kata Kasum TNI.

Kegiatan Rakor RB TNI tersebut menghadirkan narasumber yakni Asisten Deputi Perumusan Kebijakan RB Kunwas Kementerian PANRB Bapak Kamarudin Ak, M.Sc. dengan dua materi yakni pertama, Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan kedua, Percepatan Reformasi Birokrasi Melalui Pembangunan Zona Integritas. Bertindak sebagai moderator pada Rakor RB tersebut Kabidundang Babinkum TNI Kolonel Laut (KH) Effendy Maruapey, S.H., M.H.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *