Persiapan ODF, Babinsa Tegalkuning Monitoring Akses Jamban

Sebagai wujud kerjasama dan sinergitas, Babinsa Desa Tegalkuning, anggota Koramil 04/Banyuurip, Kodim 0708/Purworejo, Serda Yusup melakukan monitoring akses jamban warga bersama perangkat Desa Tegalkuning, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Senin (14/10/2019).

Monitoring akses jamban tersebut, untuk mengetahui siapa saja warga yang masih Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau numpang BAB di jamban rumah tetangga. Kami harapkan warga yang blm mempunyai jamban untuk sesegera mungkin membuat jamban sendiri, walau tidak bagus, yang terpenting tidak mengesampingkan standar kesehatan,” jelas Babinsa.

Serda Yusup menyampaikan, bahwa sebentar lagi, desa se-Kecamatan Banyuurip akan melaksanakan ODF (Open Defecation Free), dimana kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Warga di himbau untuk membuat jamban permanen.

“Oleh karenanya, kami mohon partisipasi dan dukungan dari warga dan berbagai pihak sehingga nantinya dapat berjalan dengan sukses,” tuturnya.

Sementara itu, Kades Tegalkuning Drs. Muhammad Kastholani mengharapkan adanya solusi agar permasalahan yang berkaitan dengan BABS dapat segera teratasi, agar nantinya desa Tegalkuning dapat predikat desa ODF.

“Harus ada koordinasi lebih lanjut, guna membantu warga yang tidak mampu, yang tidak mempunyai jamban permanen,” ucap Drs. Muhammad Kastholani.

Di tambahkannya, bahwa pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini.

“Salah satunya dengan akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas,” pungkasnya

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *