Penyuluhan Wasbang Dalam Rangka Sasaran Non Fisik TMMD Kaligending

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung II Kodim 0709/Kebumen di Desa Kaligending Kecamatan Karangsambung tidak hanya melaksanakan kegiatan yang bersifat fisik, Namun juga kegiatan non fisik berupa penyululuhan Wawasan Kebangsaan kepada masyarakat yang berada disekitar lokasi TMMD hari ini digelar di Aula Kecamatan Karangsambung, Rabu (30/06/21).

Danramil 07/Karangsambung Kapten Inf Anifudin mewakili Dandim 0709/Kebumen sebagai narasumber dalam kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan (Wasbang), dalam rangkaian kegiatan TMMD Kaligending mengingat situasi pandemi hanya dapat disampaikan kepada perwakilan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan, Perlindungan Masyarakat (Linmas), tokoh pemuda serta masyarakat Desa Kaligending.

Danramil mengungkapkan bahwa  materi Wawasan kebangsaan merupakan kegiatan TMMD selain kegiatan fisik. Target kegiatan ini adalah menumbuhkan wawasan kebangsaan di setiap hati sanubari masyarakat.
“Diharapkan kepada peserta dapat memahami lima unsur dalam Bela negara diantaranya Cinta tanah air, yakin akan kesaktian Pancasila, Kesadaran berbangsa dan bernegara, sikap rela berkorban serta memiliki kemampuan Bela Negara.

Sementara Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Agus Handoyo menyebutkan bahwa sasaran non fisik dalam TMMD kali ini akan dilaksanakan selama empat kali diantaranya dengan menggandeng Dinkes Kabupaten Kebumen berupa Sosialisasi dan serbuan Vaksinasi, penyuluhan hukum dari Polsek Karangsambung dan penyuluhan ketrampilan pengolahan pangan serta limbah dari Distapang Kabupaten Kebumen.

“Kami berharap sasaran non fisik ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat disamping sasaran fisik. Sehingga melalui program TMMD secara berkesinambungan, dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan HANEG (Pertahanan Negara),” Ungkap Pasiter. (Pendim)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *