Pendayagunaan Koramil Model Tingkatkan Profesionalisme Babinsa

Pendayagunaan Koramil Model Korem 072/Pmk Semester I TA.2021secara resmi di buka oleh Kepala Staf Korem (Kasrem) 072/Pamungkas Kolonel Inf Alfianto, bertempat di Aula Koramil 23/Magelang Utara Jln.Urip Sumoharjo Kelurahan Wates Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang.

Danrem 072/Pamungkas dalam amanatnya yang di bacakan oleh Kasrem 072/Pmk Kolonel Inf Alfianto mengatakan bahwa tuntutan tugas satuan komando kewilayahan dalam melaksanakan pembinaan teritorial atau pembinaan teritorial (Binter) saat ini semakin kompleks sehingga untuk menjalankan semua tugas dibutuhkan kesiapan aparat komando kewilayahan yang memiliki pengetahuan Binter yang bersifat aplikatif dalam menyikapi dinamika persoalan sosial masyarakat di wilayahnya.

Untuk melaksanakan Binter, Aparat komando kewilayahan khususnya Babinsa sebagai ujung tombak satuan teritorial harus
memiliki pengetahuan dan kemampuan Binter yang handal. Penyelenggaraan kegiatan pendayagunaan Koramil Model bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Babinsa dalam pelaksanaan pembinaan teritorial dan meningkatkan kemampuan serta kualitas aparat komando
kewilayahan khususnya Babinsa sehingga mampu melaksanakan fungsinya dengan baik dan profesional di wilayah yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

“Sesuai dengan tema kali ini Pendayagunaan Koramil Model Tingkatkan Profesionalisme
Aparat Komando Kewilayahan bertujuan meningkatkan profesionalisme Babinsa di wilayah Korem 072/Pamungkas” tegasnya.

Koramil model merupakan Koramil yang dianggap memenuhi syarat dan mampu untuk memberikan pembekalan materi
kepada para Babinsanya tentang Pengetahuan Teritorial yang meliputi, Sikap Teritorial, Lima Kemampuan Teritorial, Metode Binter, Teknik Puldata Teritorial dan Ketatalaksanaan Binter.

“Selain pembekalan materi diatas, hal yang tak kalah penting adalah pengetahuan militer umum juga akan diberikan kepada peserta yang meliputi, Cara memberikan instruksi, Komunikasi efektif dan Permildas” imbuhnya.

Babinsa nantinya juga akan dibekali dengan pengetahuan sosial pendukung yang meliputi UU Nomor 3 tahun 2002 tentang pertahanan negara, UU Nomor 34 tahun 2004 tentang netralitas TNI dalam Pilkada, dan juga pengetahuan tentang penanggulangan Bencana.

Hadir dalam pembukaan penyelenggaraan pendayagunaan Koramil model Korem 072/Pmk Semester I TA 2021 diqntaranya Kasrem 072/Pmk Kolonel Inf Alfianto ,Kasi Ter Korem 072/Pmk Kolonel Inf Teguh Wiyono, Kasi Pers Korem 072/Pmk Kolonel Caj Yohanes Yudy Catur P,SH.,M.Si,Dandim 0705/ Magelang Letkol Arm Rohmadi,S.Sos.,M.Tr (Han) dan staf serta 20 peserta terdiri dari 2 orang tiap kodim yang berada di jajaran Korem 072/Pamungkas.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *