Pembangunan harus seimbang antara fisik dan non fisik

TMMD Sengkuyung tahan III tahun 2019 diwilayah Kodim 0707/Wonosobo bertempat di Desa Erorejo Wadaslintang.  Selama kegiatan tersebut dibagi menjadi 2 kegiatan yaitu fisik berupa pembuatan jalan, poskampling, jamban, rehap mushola sedangkan non fisik berupa penyuluhan.  Seperti yang dilaksanakan saat ini yaitu penyuluhan kepada masyarakat Erorejo dan sekitarnya. (23/10)

Pasi Ter Kapten Inf Iwan Nafarin selaku koordinator penyelenggara TMMD menyampaikan bahwa di samping pembangunan fisik, aspek pembangunan nonfisik juga menjadi sasaran penting dalam pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Pembangunan nonfisik sangat dibutuhkan untuk membangun dan memperkokoh  jiwa nasionalisme masyarakat dari berbagai ancaman bangsa.

Pembangunan fisik yang dilakukan, sambungnya, antara lain berupa penyuluhan bela negara dan pertahanan nasional, kamtibmas dan narkoba, serta pembinaan pemuda. Pembangunan nonfisik menjadi upaya TNI AD dalam memperkuat pertahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah. Terutama, dalam upaya mencegah sekaligus melakukan deteksi dini terhadap berbagai ancaman yang melemahkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Materi yang disampaikan saat ini tentang bela negara oleh Lettu Cpl Tulus Widodo Pjs Danramil Wadaslintang, Kamtibmas  dan bahaya penyalahgunaan narkoba oleh Iptu Tri Hadi Utoyo Satnarkoba Polres Wonosobo dan Pembinaan anggota Linmas oleh Kadari dari Satpol PP Wonosobo.

Lettu Cpl Tulus Widodo menyampaikan bahwa tugas membela negara itu bukan hanya tanggung jawab aparat keamanan saja seperti TNI dan Polri akan tetapi itu merupakan tugas dan tanggung  jawab semua warga negara Indonesia.  Dalam pembelaan negara tentu saja sesuai dengan bidangnya masing – masing.  Sebagai ibu rumah tangga mendidik anak – anaknya dengan baik sudah termasuk bela negara. Sebagai bapak mencari nafkah yang halal untuk keluarga juga termasuk bela negara.

Iptu Tri Hadi Utoyo Satnarkoba Polres Wonosobo menyampaikan bahwa saat ini narkoba sudah bukan barang baru lagi, bukan milik orang kaya atau orang kota akan akan tetapi sudah menjamah semua kelompok masyarakat.  Dan bahaya narkoba sangatlah membahayakan bahkan bisa membuat orang meninggal dunia.  Untuk itu jika diwilayah sekitar kita ada yang menggunakan narkoba diharapkan melapor kepada aparat keamanan sehingga tidak menyebar ke yang lain.

Kadari dari Satpol PP Wonosobo menyampaikan tentang peran Linmas dimasyarakat.  anggota Linmas mempunyai tugas pokok dan fungsi penanggulangan bencana, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *