Pemasangan Jamban

Jamban adalah suatu ruangan yang mempunyai fasilitas pembuangan kotoran manusia yang terdiri atas tempat jongkok atau tempat duduk dengan leher angsa atau tanpa leher angsa (cemplung) yang dilengkapi dengan unit penampungan kotoran air untuk membersihkannya.

Bantuan jamban dari jajaran TNI tidak hanya sekadar pemberian sombolis kepada warga. Prajurit TNI bahkan membantu memasangkan jamban bantuan di rumah penerima.Batuud Koramil 12 Wadaslintang Pelda Teguh Sunarwan menghadiri giat pemasangan jamban untuk warga yang tidak mampu di Desa Panerusan Kec Wadaslinrang.(09/09)

Berikut daftar nama penerima bantuan jamban, Sari utomo : 60 th 13/06 Kaliteluh Panerusan, Ny. Muntono 70 th Kaliteluh Panerusan, NY. Keto 72 th, Ny.Sarinah 45 09/05 kaliteluh, Jihat  42 th, Parso utomo 65 th, Rohiman 45 th,  Ramun 55 th, Sumardi  51 th,  Ny.Tarso 70 th kaliteluh Panerusan.

Dan yang Hadir dalam giat tersebut, Kades Panerusan beserta perangkat, Kasi Trantib Kecamatan Wadaslintang, Pelda Teguh beserta 1 anggota Koramil Wadaslintang, Donie Puskemas Wadaslintang.

Pelda Teguh Sunarwan mengatakan Hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap kondisi wilayah binaan yang rata-rata keluarga belum memiliki jamban sesuai standart kesehatan, sehingga menggugah nurani Babinsa untuk membantu membuatkan jamban sehat tersebut. Dalam kegiatan tersebut,memberikan bantuan dengan menggunakan peralatan yang sederhana mulai dari cangkung, linggis, hingga alat pertukangan ia gunakan untuk proses pembuatan jamban sehat itu.

”Harapannya, dengan pembangunan beberapa jamban, masyarakat khususnya warga Desa Panerusa  mampu merubah pola dan gaya hidup menjadi lebih sehat. Yang biasanya menjadikan sungai dan kebun sebagai tempat untuk buang hajat. Sekarang sudah ada jamban yang sehat,” tuturnya.

Rohiman salah satu warga yang mendapatkan bantuan jambanisasi mengucapkan terima kasih kepada TNI. Sebab, telah peduli dan membantu warga dalam pembuatan jamban. ”Kami sangat berterima kasih kepada bapak-bapak tentara yang sudah membangun jamban. Bagi kami, membuat jamban sangatlah tidak mungkin, karena keterbatasan ekonomi kami dan selama giat berlangsung situasi aman lancar kondusif,” katanya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *