PASTIKAN VAKSIN BERJALAN AMAN, BABINSA MELAKSANAKAN PEMANTAUAN KEGIATAN VAKSIN

YOGYAKARTA – Babinsa Purwokinanti Koramil 05/Pakualaman bersama Bhabinkamtibmas terjun langsung ke wilayah, bersinergi melaksanakan pendampingan dan pemantauan pelaksanaan vaksinasi kepada Tokoh Masyarakat, Ketua RT/RW dan Lansia, yang dilaksanakan oleh petugas medis Puskesmas Pakualaman bertempat di Aula Akper Notosuman Jl. Masjid No. 5 Purwokinanti Kemantren Pakualaman. Rabu (9/6/2021).

Pelda Sri Widodo Babinsa Purwokinanti dan Bhabinkamtibmas Aipda Jiman melaksanakan pendampingan dan pemantauan pemberian Vaksin Covid-19 tahap ke 1 terhadap para Tokoh masyarakat, Ketua RT/RW dan Lansia di Kemantren Pakualaman dilaksanakan hari ini sejumlah 200 orang.

Sebelum dilaksanakan vaksin terlebih dahulu peserta melaksanakan pendaftaran, kemudian tahap Screening atau pemeriksaan baik suhu, tensi serta gula darah calon peserta, dan selanjutnya bagi yang memenuhi syarat dilanjutkan melaksanakan Vaksinasi.

Setelah melaksanakan Vaksin peserta harus menunggu kurang lebih 30 menit untuk dilaksanakan observasi mengantisipasi apabila terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) sehingga dapat dilakukan tindakan secepatnya.

Pelda Sri Widodo menyampaikan kepada peserta vaksin setelah pemberian vaksin diharapkan bisa ikut melindungi orang lain yang belum mendapat vaksin, yakni mencegah terjadinya infeksi dan penularan atau mencegah gejala berat yang berakibat fatal jika mereka tetap terinfeksi virus.

Selain itu, orang yang sudah divaksin dan beraktivitas di luar rumah diharapkan tidak membawa virus penyebab penyakit ke dalam rumah.terangnya.

Aipda Jiman berharap kepada seluruh masyarakat, walaupun sudah divaksinasi, harus tetap mematuhi 5 M, yakni dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi serta menjauhi kerumunan. Karena vaksin bukanlah obat dan vaksin merupakan salah satu cara untuk bisa mengendalikan pandemi Covid-19. jelas Aipda Jiman.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *