Pahami Maksud Penyemprotan Disinfektan Corona Covid-19 Sebelum Melakukan Penyemprotan Di Rumah Warga

YOGYAKARTA, – Penyebaran virus corona atau Covid-19 yang belum kunjung reda membuat masyarakat semakin waspada. Masyarakat pun melakukan berbagai cara untuk mencegah penularan virus tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh KTB Kampung Wirobrajan bersama Babinsa Kelurahan Wirobrajan Koramil 10/Wirobrajan Kodim 0734/Yogyakarta adalah melakukan penyemprotkan disinfektan secara rutin di rumah-rumah warga.(28/06/2020).

“Yang jadi pertanyaan, perlukah tindakan Penyemprotan Desinfektan tersebut untuk pencegahan virus corona?

Babinsa Kelurahan Wirobrajan mengatakan masyarakat perlu paham dulu apa yang dimaksud dengan disinfektan ini.

“Disinfektan merupakan proses dekonteminasi yang menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme (baik virus dan bakteri) pada objek permukaan benda mati, serta dapat menghilangkan atau membunuh mikroorganisme secara keseluruhan.”Jelas Serda Tri Maryaka.¬†(Babinsa Wirobrajan).

“Bapak Asep Ketua KTB Wirobrajan juga mengungkapkan, banyak Ketua Rt atau Rw yang meminta Desinfektan untuk penyemprotan di rumah – rumah warga. Tapi perlu diketahui bahwa proses ini memiliki dampak kesehatan seperti menimbulkan bau dan mengiritasi tangan bahkan mengganggu pernapasan. Agar penyemprotan efektif¬†petugas harus mencuci tangan yang bersih, menggunakan sarung tangan dan menggunakan pakaian khusus (ADP) untuk melindungi tubuh kita,” Jelasnya.

Komandan Koramil 10/Wirobrajan saat ditemui dikantornya juga menjelaskan, disinfeksi ini bukanlah segalanya. Prosesnya penyemprotan mungkin selesai dalam satu jam. Tapi residunya bisa menimbulkan dampak lain. “Sebab sumber penyakit kita tidak pernah tahu. Jangan-jangan masalahnya ada pada kita yang sehat atau sakit, atau pura-pura sehat ternyata di dalam tubuh ada agen penyakit yang bisa menularkan penyakit,” Ungkap Kapten Arm Riyanto

“Untuk itu, Mari kita dirumah saja, selalu jaga kebersihan, biasakan cuci tangan pakai sabun, mengunakan masker apabila pergi keluar rumah.”Tambahnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *