Nguri uri Warisan Leluhur, Kodim 0709/Kebumen Gelar Festival Pencak Silat

KODIM 0709/KEBUMEN, Kodim 0709/Kebumen menggelar festival seni bela diri pencak silat se Kabupaten Kebumen guna nguri uri budaya warisan leluhur bangsa bertempat di aula Makodim 0709/Kebumen Jalan Merak no 1 Panjer-Kebumen, dengan tema yang disuguhkan Membentuk Sumber Daya Manusia Kreatif, Inovatif dan Adaptif. Festival melibatkan 11 Perguruan Pencak Silat yang ada di wilayah Kabupaten Kebumen, Senin (29/6/20).

Kegiatan festival yang dikemas dalam rangka kegiatan Komsos Kreatif tersebut dipimpin oleh Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang, S.E., M.M, yang dalam hal ini diwakili oleh Danramil 10/Prembun Kapten Arh Suwarno dihadiri oleh Ketua IPSI Kebumen H. Arif Sugiyanto, S.H, Kadisdikbud Kabupaten Kebumen, Perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim 0709/Kebumen serta para Ketua Perguruan Pencak Silat se Kabupaten Kebumen. Sedangkan para peserta festival yang ikut dari berbagai perguruan yang ada di wilayah Kabupaten Kebumen mulai dari Perguruan Pencak Silat Tri Guna Sakti, Perguruan Pencak Silat Mande Muda, Perguruan Pencak Silat Naga Jati, Perguruan Pencak Silat Persinas ASAD, Perguruan Pencak Silat Konto, Perguruan Pencak Silat Merpati Putih, Perguruan Pencak Silat Setio Budhi, Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa, Perguruan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate, Perguruan Pencak Silat IKS-PI Kera sakti hingga Perguruan Pencak Silat Tri Sukma Jati.

Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Agus Handoyo selaku penyelenggara menjelaskan bahwa Komsos Kreatif Festival Pencak Silat ini merupakan salah satu Program Kerja Kodim 0709/Kebumen Bidang Teritorial Tahun Anggaran 2020, dengan tujuan untuk menjalin komunikasi sosial yang kreatif yang sehat dan harmonis, melalui pentas seni budaya olah raga serta untuk meningkatkan tali silaturahmi Prajurit Kodim 0709/Kebumen dengan segenap komponen masyarakat.

Dandim 0709/Kebumen yang disampaikan Danramil 10/Prembun Kapten Arh Suwarno dalam sambutannya mengatakan,” Tujuan peyelenggaraan festival pencak silat dalam rangka Komsos kreatif ini, sebagai pendorong semangat dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap nilai-nilai budaya dan seni untuk turut serta memperkuat kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Saya ucapkan terimakasih kepada Ketua IPSI Kabupaten Kebumen, para ketua perguruan silat, para peserta festival, segenap panitia, pendukung dan semua pihak yang telah berperan aktif sehingga terlaksananya kegiatan ini. 

Acara ini diharapkan menjadi ajang untuk melestarikan kebudayaan daerah dan juga momentum bagi generasi millenial agar tidak melupakan budaya asal yang ada di Kabupaten Kebumen ini. Pencak silat mengajarkan kita untuk mengembangkan diri dan mempertahankan diri. Pencak silat juga mengajarkan nilai-nilai kehidupan, yakni tidak saling membenci dan mendendam. Kita selalu jalin persaudaraan dan persahabatan melalui festival ini. Kita memang berbeda perguruan tetapi di sini kita saling berkomunikasi melalui pencak silat. Sebuah seni bela diri asli Indonesia yang memperkuat karakter, yang memperkuat mental, yang menjunjung keyakinan bahwa segala kekuatan, segala kepintaran, segala kehebatan, kalah dengan kesabaran, kalah dengan keikhlasan.

Ada nilai nilai yang melekat pada pencak silat seperti sikap kesatria, tidak sok jagoan, adigang adigung, sepi ing pamrih, dan suka menolong orang lain. Mari kita bersinergi mengharumkan nama pencak silat.” pesan Dandim.

Lebih jauh dijelaskan Pasiter Kodim 0709/Kebumen selaku penyelenggara menjelaskan bahwa, dalam pelaksanaan kegiatan festival ini tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan mengharuskan seluruh yang hadir cuci tangan dengan sabun di air mengalir, cek suhu tubuh dan jaga jarak, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.” jelasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *