Nafas Tua Menghiasi Semangat Gotong Royong

Siang itu terik matahari panas menyengat di kulit. Namun semua itu tak menyurutkanmu untuk membantu kegiatan TMMD Reguler ke 110 di Desa Gemblengan, Kecamatan Garung. Lihatlah, guratan guratan tuamu terlihat jelas pada raut wajahmu. Kulit tangan tampak berkerut menandakan ketuaanmu. Peluhmu menetes di pelipis juga wajahmu. Namun semangatmu luar biasa. Tak tertampak lelahmu. Senyummu kulihat dari kejauhan. Membuat malu bagi yang muda.

Dua sosok tua, Suyarno (75 thn) dari Dusun kasiman dan Sirnoto (70 thn) dari Dusun Bedilon. Mereka tampak bersama beriringan membantu perolakan jalan. Berbaur bersama sama satgas TMMD Reguler Ke-110 TA. 2021 Kodim 0707/Wonosobo serta warga lainnya. Angkat batu untuk dipindahkan dipinggir, ataupun angkat batu untuk ditata dalam perolakan jalan. Selasa (23/03/2021).

Ketika kutemui, mereka dengan senyum ramahnya, dan membalas setiap pertanyaanku secara bergantian.

“Kami berdua ini sama sama orang Gemblengan, hanya beda Dusunnya saja. Saya Dusun Kasiman dan dia Dusun Bedilon (sambil menunjuk Sirnoto). Saya dan dia petani, makanya saking senangnya kami, dengan adanya pembangunan jalan ini, kami tetap ingin ikut andil dalam program ini. Nantinya ketika jalan sudah jadi, kita mudah angkut sayurannya,” kata Suyarno dengan nada jujur apa adanya.

Beda lagi dengan bapak satu ini yang berperawakan tinggi kurus.

“Saya senang bisa ikut kerja bakti. Saya sudah tua. Kapan lagi saya bisa berbakti untuk desa, dan bisa berguna untuk orang banyak. Yang kita buat ini jalan umum. Kata pak kyai bila apa yang kita buat dipergunakan umum sampai kapanpun, pahala akan mengalir terus kepada kita. Mudah mudahan apa yang saya dan kita semua kerjakan menjadi amal kebaikan di akherat nanti,” paparnya.

Sebagai wadansatgas merangkap yang punya wilayah Garung, Kapten Inf Sutarto selalu berada di lokasi TMMD, sehingga ada kedekatan antara dia dengan warga terutama yang ikut dalam gotong royong TMMD.

“Banyak juga bapak bapak yang usia sudah tua, umur 60 tahun keatas. Mereka warga Gemblengan tetap semangat. Tentunya semua itu memberi pengajaran kepada yang muda dan generasi penerus. Bahwa dengan semangat dan percaya, kita bisa melakukan hal yang berat sekalipun. Yang serasa tidak mungkin menjadi mungkin.,” ungkap Kapten Inf Sutarto.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *