Melalui Outboud Membentuk Karakter Anak

Kodim 0707/Wonosobo bersama SMP 1 Garung berkerja sama dalam melaksanakan Bela negara dan outbond, yang dilaksanakan 2 hari dalam rangka pendidikan karater bertempat di BLK Wonosobo dengan instruktur Pelda Dahriono dan didampingi 6 anggota Kodim, serta diikitu oleh 253 siswa.(14/01)

 

Pelda Dahriono menyampaikan kegiatan pendidikan karakter selama 2 hari ini diisi materi PBB, pendidikan bela negara, pelatihan kepemimpinan dan outbond. Selama kegiatan dititikberetkan pada pelatihan fisik. Dengan maksud agar anak lebih aktif kegiatan diluar yang sifatnya kerja kelompok atau tim. Hal ini untuk melatih anak agar berkurang dalam penggunan hp dialihkan mereka bersosialisasi dengan teman secara langsung.

 

Permainan yang disuguhkan dalam membentuk karakter anak seperti estafet sarung, memindah karet denagn sedotan, lempar kelereng ke dalam botol, memasukan air dalam bambu, mengisi air kedalm ember yang dilubangi secara estafet, dan memasukan air kedalam peralon secara kelompok. Semua permainan ini dilakukan secara kelompok dengan membutuhkan kekompakan dan kerjasama dalam kelompok.

 

Efin Riyanto selaku Guru pembimbing SMP 1 Garung menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan karakter bagi anak yang memiliki rasa nasionalisme dan patriotlisme, sebab saat ini generasi muda banyak terpengaruh oleh budaya asing, mereka mulai melupakan budaya sendiri yang ada di daerahnya khususnya yang berkaitan dengan rasa nasionalisme.

 

Dengan adanya latihan PBB yang diberikan oleh Kodim, anak-anak bisa mengambil intisari dari latihan tersebut. Melalui PBB bisa membentuk para siswa menjadi patuh dan taat kepada peraturan karena disana ada perintah yang harus dilaksanakan segera mungkin.

 

Adapun materi kepemimpinan diberikan kepada para siswa diharapkan siswa dapat memimpin di kelompoknya dan juga sebagai generasi muda suatu saat akan memimpin negeri ini. Minimal memimpin diri sendiri.

 

Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini anak-anak disibukan dengan HP sehingga mereka menjadi kurang bersosialisasi secara langsung dengan lingkungan sekitarnya. Disamping itu juga membuat mereka menjadi generasi yang mudah putus asa bila mereka mendapat masalah. Melalui kegiatan outbond ini anak-anak dilatih untuk memecahkan permasalahan secara bersama-sama. Mereka dilatih untuk bertanggung jawab terhadap hasil yang mereka kerjakan dan juga mereka dilatih budaya berkompetensi sebab saat ini siapa yang bisa berkompetisi maka kedepannya bisa berhasil. Semangat mereka harus mencontoh semangat para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

 

Selita Ulfiazahra merupakan salah satu peserta outbond menyampaikan sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini karena bnyak manfat yang saya rasakan seperti menanamkan kedisiplinan, belajar hidup bergotong royong dalam bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *