MASSA PANDEMI COVID-19, PEMBERIAN IMUNISASI MR/CAMPAK PADA ANAK – ANAK SD TEGALMULYO

YOGYAKARTA, – Imunisasi MR mulai diadakan serentak di Kabupaten/Kota se-DIY mulai 12 Agustus 2020 hingga diperoleh laporan terakhir pada 03 September 2020. Sasaran awal dari kegiatan ini adalah Sekolah Dasar di Wilayah Kota Yogyakarta. Imunisasi ini dilaksanakan di sekolah-sekolah dari tingkat PAUD hingga SD yang menjadi sasaran di seluruh DIY.

Babinsa Koramil 10/Wirobrajan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Serma Isdi Untoro dan Serda Aris Widada melaksanakan pendampingan Puskesmas Wirobrajan dalam Imunisasi MR ( Campak dan Rubela ) pada anak SD N Tegalmulyo Kelurahan Pakuncen Kecamatan Wirobrajan. Rabu (12/08/2020).

Dalam kesempatan ini Babinsa Kelurahan Pakuncen Menyampaikan, Imunisasi Measles Rubella (MR) untuk mencegah penyakit campak dan rubella merupakan satu program Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta yang akan dilaksanakan bulan Agustus dan September 2020.”Ungkap Serma Isdi Untoro

Karena hingga saat ini tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. “Imunisasi gratis dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus.”Tambahnya.

dr.Khairani Fitri Kepala Puskesmas wirobrajan menjelaskan, Pemberian imunisasi MR/Campak saat ini lain dengan Tahun kemarin Karena berada di tengah – tengah pandemi corona.

“Imunisasi kali ini, harus mentaati protokol kesehatan, dalam pelaksanaan siswa dibagi menjadi 3 sift yakni Kelas 1 : 30 orang putra/putri, Kelas 5 : 10 orang putri, Kelas 6 : 16 orang putri. sebelum dilaksanakan pemeriksaan setiap anak harus cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.”Jelasnya.

Pendampingan Babinsa ini bertujuan untuk membantu memberikan rasa nyaman dan aman agar anak tidak takut dan trauma dengan alat alat medis khususnya jarum.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *