Longsor Melanda di Wonosobo

Sejak Sabtu sore sampai dengan Minggu pagi hujan melanda sebagian besar wilayah Wonosobo dengan intensitas cukup tinggi,  hal ini menyebabkan dibeberapa tempat mengalami tanah longsor seperti jalan Raya Wadaslintang – Kaliwiro tepatnya di Desa Tracap tebing setinggi 15 M longosor menutup jalan jalur jembatan baru, di Desa Jetis Pacarmulyo terjadi longsor panjang 50 M tinggi 30 Meter dan di Betengsari Wonosobo longsor mengakibatkan pangkalan ojek rusak. (12/1)

Melihat kejadian tersebut Komandan Kodim 0707/Wonosobo memerintahkan kepada seluruh jajarannya agar mingkatkan kewaspadaanya mengingat saat ini masih sering turun hujan.  Waspadai longsor susuran, menghimbau kepada semua masyarakat untuk ikut bersama – sama memantau wilayahnya masing – masing.  Bila terjadi tanda – tanda akan terjadi bencana maka segera menghindar.  Kepada para Babinsa agar lebih intensif dalam memonitor desa binaannya.   Laporkan segera bilamana terjadi bencana sehingga bisa dilakukan pertolongan pertama.

Lebih lanjut disampaikan untuk wilayah yang sudah terjadi bencana segera koordinasi dengan aparat setempat untuk mengambil langkah – langkah yang tepat seperti melaksanakan kerja bakti dan lain sebagainya.  Berikan pemahaman kepada masyarakat tidak usah panik bila terjadi bencana, akan tetapi juga kita tidak boleh menyepelekan bisa berakibat fatal.

Kapten Inf Kusno Miharto selaku Pjs Danramil Kaliwiro menyampaikan untuk jalur Kaliwiro Wadaslintang saat ini sudah bisa dilalui kembali. Itu berkat kerja sama semua pihak mulai dari Dinas PU, Koramil, Polsek dan masyarkat sekitar.

Danramil hanya berpesan bila terjadi turun hujan  lagi kepada para pengendara kendaraan yang melalui jalur Kaliwiro – Wadaslintang agar berhati – hati sebab potensi lonsor masih bisa terjadi.

Sedangakan untuk longsor di Betengsari Danramil 01/Wonosobo Kapten Inf Heru Utomo menyampaikan bahwa saat ini baru pembersihan lokasi, rencana besok akan dilaksanakan kerja bakti bersama sama untuk membuat senderan semantara agar tidak terjadi longsor yang lebih besar

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *