Latihan Kembali digelar,TNI AD Uji Coba Roket Buatan Brasil Di Pantai Bocor Kebumen

Mabes TNI AD melakukan Uji Firing Test Of System Acceptance (Ftsa) Kontrak Rocket dan Rantis khusus Armed AV-RMD dan AV-UCF  yang dibeli dan didatangkan khusus dari Brasil bertempat di lapangan tembak Dislitbangad Desa Setrojenar, Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, Rabu (02/09/20).

Kegiatan tersebut ditinjau langsung oleh Danpussen Armed Mayjend TNI Nisan Setiadi, S.E beserta para pejabat dari Direktorat peralatan Angkatan Darat didampingi Komandan kodim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawiranegara Matondang S.E. M.M., Kapaldam IV/Diponegoro dan Kakalan Dislitbangad Kapten Cpl Sutarjo.

Uji coba roket dengan hitungan mundur senjata roket jenis SS 30, SS 40, SS 60 dan SS 80 materiil yang digunakan 8 CL dan 16 Butir Munisi yang terdiri dari SS-30 : 1 CL, SS-40 : 1 CL ,SS-60 : 3 CL dan SS-80 : 3 CL diproduksi oleh Avibras PT. Poris Duta Sarana bekerja sama dengan Puspalad.

Alutsista Armed Multi Louncher Rocket System, Astros II MK 6 produksi Avibras Industria Aeroespecia SA (AIA-SA) Brasil ini merupakan sistem senjata peluncuran roket yang memiliki kaliber multi efek getar yang tinggi. Juga dapat menembakan tiga jenis kaliber dari unit peluncuran yang sama.

Alutsista baru milik TNI AD ini memiliki sistem berteknologi tinggi dengan dibekali remot kontrol untuk membidik sasaran dan keunggulan lainya adalah akurasi tinggi karena dilengkapi navigator dibantu GPS melalui pusat kendali tembak bataliyon yang memiliki C4, comand, control, computing, comunicatons, inteligance dan navigation,”

Dalam uji coba tersebut dilaksanakan 5 kali luncuran tembakan dengan sebelumnya dilaksanakan pengambilan data dengan menerbangkan balon udara untuk mengetahui kecepatan angin, suhu dll.

Pengadaan alutsista baru milik TNI AD ini merupakan upaya penguatan pertahanan negara di tengah maraknya berbagai tantangan baik dari luar maupun dari dalam negeri.

Hadir dalam kegiatan itu Danpussen Armed Mayjen TNI Nisan Setiadi, S.E., Irada Itjenad Brigjen Pujianto, Kadislaikad Brigjen TNI Gunung S, Itjen Kemhan Kolonel Inf Simatupang, Kapusada dan Kabit matra Darat Kol Cba Gatot, Pamen Ahli Bidang Otomotif dan Produksi Kolonel Cpl Firman, Pamen Ahli bidang Muhandak Kolonel Cpl Alun, Kasubdit Ran Kolonel Cpl Lilik Hendro, Kadislitbang Kolonel Inf L. Sihotang, Kapaldam IV/Diponegora Letkol Cpl Tias Puruhita serta para pejabat terkait.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *