Kota gaplektiwul: Kodim 0730 Gunungkidul Gelar Bakti Sosial Donor Darah Dalam Rangka Hari Juang TNI AD

Peringati Hari Juang Kartika Tahun 2020, Kodim 0730/Gunungkidul menggandeng PMI Cabang Gunungkidul menyelenggarakan Bakti Sosial Donor Darah yang dilaksanakan di Aula Makodim 0730/Gunungkidul Selasa, (08/11/2020).

Dandim 0730/Gunungkidul Letkol  INF Noppy Laksana Armyanto yang didampingi oleh Kasdim Gunungkidul Mayor INF Nurhadi Duswanto mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Hari Juang Kartika Tahun 2020.

“Manfaat dari donor darah itu sendiri dapat meningkatkan produksi sel darah merah, dikarenakan saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang. Kemudian Sumsum tulang belakang pun akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan darah yang hilang”, ujarnya

Dikatakan Dandim Jika melakukan donor darah secara rutin, maka tubuh akan terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar melalui sirkulasi sel darah yang tentunya akan membantu tubuh meningkatkan kekebalan dari berbagai serangan virus termasuk virus corona,

Letkol Inf Noppy Laksana Armyanto,S H menuturkan kegiatan donor darah dalam rangka Hari Juang Kartika ke-75 digelar dengan menerapkan prokes, lantaran masih dalam kondisi Pandemi Covid-19.

Menurutnya, tiap menjelang Hari Juang donor darah menjadi agenda yang rutin. Tujuannya untuk menumbuhkan minat untuk mendonorkan darah bagi warga sekitar Makodim sehingga dapat membantu meringankan beban bagi mereka yang membutuhkan sumbangan darah.

Menurut Kasdim 0730 Mayor Inf Nurhadi Suswanto mengatakan tujuannya  adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap stok di Gunungkidul  yang menipis,dan kami berharap darah yang kami sumbangkan ini nantinya dapat digunakan saudara-saudara kita yang memang sangat membutuhkan pasokan darah khusus yang berada diwilayah teritorial Kodim 0730 Gunungkidul,” Imbuhnya.

Kegiatan Bakti Sosial Donor Darah ini diikuti oleh 60 orang,terdiri  dari anggota TNI, PNS, Ibu-ibu Persit, serta warga masyarakat sekitar,dan anggota Pegunungan Trail Cloub(PTC) Gunungkidul.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *