Koramil Bersama Polsek dan masyarakat gotong royong bersihkan tanah longsor

Tanah longsor yang terjadi di Perboto Kalikajar yang terjadi pada tanggal 8 Januari 2020 yang lalu menutup saluran irigasi.  Melihat peristiwa tersebut Koramil mengajak Polsek dan masyarakat untuk bersama-sama gotong royong membersihkan longsoran. (14/1)

 

Dibawah pimpinan Batuud Koramil Kalikajar Pelda Misnandar mengadakan karya bakti membersihakan material longsoran dengan harapan sawah yang menggunakan saluran irigasi tersebut bisa teraliri kembali.  Longsoran tanah begitu banyak sehingga jika dikerjakan perseorangan akan membutuhkan waktu yang cukup lama.  Untuk itu perlu dikerjakan secara gotong royong dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat yang lain.

 

Saluran irigasi sangat penting dan vital bagi petani,  dengan adanya irigasi para petani bisa menanam padi, memelihara ikan dan sebagainya.  Untuk itu dengan tersumbatnya saluran akibat longsor maka para petani mengalami kerugian yang tidak sedikit.

 

Lebih lanjut disampaikan oleh Pelda Misnandar agar dalam melaksanakan karya bakti agar berhati – hati sebab saluran ini kanan kirinya merupakan tebing yang cukup tinggi. Yang dikhawatirkan adalah tanah yang ada di bawah diambil, yang sebelah atas terjadi longsoran.  Itu bisa membahayakan diri kita masing – masing.

 

Kapten Czi Sarwiyono selaku Danramil Kalikajar menambahkan bahwa saat ini untuk wilayah Wonosobo dan sekitarnya masih terjadi hujan dengan intensitas tinggi.  Untuk kemungkinan terjadinya longsoran masih sangat mungkin.  Maka kita harus selalu waspada bilamana  terjadi bencana lagi.  Kita semua harus peduli dengan lingkungan disekitar kita khususnya jangan sampai ada saluran air yang tersumbat.  Itu bisa menyebabkan bencana tanah longsor.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *