Koramil 20/Buayan Dirikan Posko Penanganan Benca Alam

KODIM 0709/KBM, Musim hujan tahun ini sudah mulai tiba. Instansi terkait pun meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam khususnya banjir. Kewaspadaan juga dilakukan oleh Koramil 20/Bayan yang mendirikan Posko Penanggulangan Bencana Alam di Pendopo Kec. Buayan, Rabu (1/1/20).

Posko tersebut berisi petugas gabungan yang disiagakan menghadapi bencana alam khususnya banjir akibat luapan Sungai Jatinegara. Menurut Danramil 20/Buayan Kapten Czi Paulus Souhuwat, lokasi tersebut dekat dengan Sungai Jatinegara sebagai penyebab banjir serta dekat dengan jangkauan wilayah terdampak. Seperti Desa Buayan, Desa Rogodadi, Desa Geblug dan Desa Rangkah.

Danramil juga mengingatkan kepada semua pihak yang tersiaga di Posko termasuk Koramil sendiri agar tidak hanya fokus pada penanggulangan bencana alam banjir saja, melainkan juga mewaspadai bencana lain seperti angin kencang dan tanah longsor. Jadi, kewaspadaan tidak tersentral pada banjir saja. Sebab, ada kerawanan bencana alam lain seperti yang perlu kita antisipasi.

Posko yang didirikan pun mencakup tiga bagian ancaman bencana, hal itu dipastikan Danramil saat menyusun organisasi siaga bencana dan pembagian tugas personel serta pengisian data rawan bencana. (Pendim)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *