Koramil 10/Selomerto Karya Bakti Perbaiki Tanggul Irigasi

Sebanyak 9 anggota TNI dari Koramil 10/Selomerto membantu warga memperbaiki tanggul irigasi di Dusun Lempong, Desa Kalierang, Kecamatan Selomerto yang jebol, Sabtu (13/04/2019). Jebolnya tanggul irigasi tersebut disebabkan karena hujan deras yang mengguyur wilayah setempat, sehingga diduga tanggul tidak kuat menahan air.

 

Anggota Koramil 10/Selomerto, Pelda Nur Ansori mengatakan, pihaknya bersama sebanyak 145 warga dari Desa Kalierang, Desa Pakuncen, Desa Gunungtawang dan masyarakat Keluraha Selomerto dengan dibantu 6 orang Relawan Peduli Bencana (RPB) Selomerto melakukan perbaikan tanggul irigasi yang jebol.

 

“Kami bergotong royong memperbaiki tanggul irigasi yang jebol dengan cara membuat tanggul sementara menggunakan karung yang diisi dengan tanah. Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk kebersamaan dan mengalihkan sejenak dari masalah pemilu. Dalam karya bakti ini tidak mengenal partai politik atau kelompok yang ada adalah kebersamaan kita membangun desa ini dakam rangka memperbaiki tanggul jebol ” ucapnya.

 

Lebih lanjut dikatakannya, jebolnya tanggul irigasi tersebut diduga karena hujan deras yang mengguyur wilayah setempat, sehingga tanggul tidak kuat menahan debit air yang besar. Tanggul yang jebol berukuran panjang 6 meter, lebar 2 meter dan kedalaman 5 meter.

 

“Jebolnya tanggul irigasi tersebut membuat sekitar 175 hektare sawah di empat desa di Kecamatan Selomerto terganggu pengairannya,” bebernya.

 

Namun, berkat gotong royong pembuatan tanggul sementara ini, ratusan hektar sawah di Desa Kalierang, Desa Gunungtawang, Desa Pakuncen dan Kelurahan Selomerto bisa tetap teraliri air. Sehingga para petani sekitar tidak bakal gagal panen.

 

“Kami berharap agar tanggul ini segera dibuat secara permanen agar lebih kuat. Sehingga para petani sekitar tidak perlu takut gagal panen,” tutupnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *