Koramil 09/Kutowinangun Gelar Program Ikan Lele

Babinsa Koramil 09/Kutowinangun Serka Maftuh dan Serda Agus melaksanakan kegiatan pemantauan bantuan program budidaya kolam ikan lele, kangkung dan tumbuhan hidroponik di Desa Ungaran dan Desa Pejagatan Kecamatan Kutowinangun, Kabupaten Kebumen. Senin (06/07/2020).

Kegiatan tersebut guna antisipasi ketersediaan bahan pangan dampak Covid-19. Sejumlah sarana dan prasarana pun telah disiapkan, baik itu berupa lahan hingga kolam ikan. Hal ini dilakukan para anggota Koramil guna memenuhi ketersediaan pangan pada masa pemberlakuan new normal.

Menurut Serka Maftuh Babinsa Koramil 09/Kutowinangun, melalui program budidaya kolam ikan lele dan tanaman kangkung pada media ember sebagai upaya memenuhi ketersediaan pangan keluarga akibat wabah pandemi Covid-19, warga bisa membudidayakan lebih banyak sehingga kebutuhan akan pangan keluarga dapat terpenuhi setiap hari.

“Dampak pandemi Covid-19, akan sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat terutama pada produk pangan, sehingga perlu adanya langkah konkrit dengan menciptakan metode baru, yang diharapkan mampu menghasilkan stock ketersediaan pangan agar tidak terjadi kesulitan pangan, “terang Maftuh.

Sementara itu Danramil 09/Kutowinangun Kapten Cba Suprapto, “besar harapan, kedepannya budidaya ini menjadi salah satu alternatif guna memenuhi kebutuhan keluarga yang dapat diandalkan dalam mencukupi kebutuhan ekonomi saat ini.” jelas Danramil.

Ikan lele, kangkung dan tumbuhan hidroponik ini bantuan langsung BPBD Kabupaten Kebumen kerja sama Kodim 0709/Kebumen yang diperuntukan pada warga yang terdampak Covid-19 dan program ini tentunya mampu dijadikan solusi bagi seluruh warga masyarakat di wilayah Kecamatan Kutowinangun.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *