Koramil 04/Karanganyar Bersama BPP Dampingi Petani Semprotkan OPT

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Koramil 04/Karanganyar Sertu Sugiyono Bersama BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Kec. Karanganyar melaksanakan kegiatan penyemprotan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) tanaman padi seluas 10 hektar milik warga Kelurahan Jatiluhur Kelompok Tani “Marsudi Tani“, Kamis (09/07/2020).

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan program Gerdal (Gerakan Pengendalian) Padat Karya Penyemprotan OPT yang dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 25/06/2020 ditempat yang sama di wilayah areal persawahan Kelurahan Jatiluhur.

Pelaksanaan gerakan pengendalian OPT didasarkan pada hasil pengamatan di lapangan dan rekomendasi dari Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) setempat.

Sertu Sugiyono menuturkan “Tujuan Gerakan Pengendalian OPT bertujuan untuk mengendalikan serangan OPT di lokasi sumber serangan dan menurunkan intensitas serangan OPT pada hamparan yang luas,” tutur Sugiyono.

“Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) adalah salah satu faktor pembatas pencapaian produksi tanaman pangan. Penanganan OPT dapat dilakukan dengan strategi preemptif maupun responsif. Sebagai upaya Petani di wilayah Kelurahan Jatiluhur untuk pengendali OPT Penggerak Batang Padi (PBP) yang menyerang tanaman padi dengan melakukan pengendalian fisik dengan melakukan penyemprotan insektisida”.

“Harapannya, semoga dengan adanya upaya sosialisasi serta aplikasi penyemprotan insektisida yang dilakukan bersama Dinas pertanian ini, hama pengerak batang padi yang terjadi dapat dikendalikan. Bahwa pendampingan yang dilakukan bersama Dinas Pertanian merupakan salah satu upaya dalam menjaga Ketahanan Pangan (Han Pangan) ditengah pandemi covid-19 saat ini. Yang terpenting adalah mengamankan pertanaman dari serangan OPT dan meminimalkan kerugian secara ekonomi,” pungkas Sugiyono.

Ketua Poktan Bapak Sujiyo mengucapkan terimakasih kepada Babinsa, PPL Pertanian Karanganyar yang telah membantu dalam melakukan pendampingan melaksanakan sosialisasi sampai dengan kegiatan pencegahan fisik penyemprotan insektisida.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *