Kodim Purworejo Bersama Polres Turun Sosialisasikan Kebiasaan Baru Pakai Masker

Purworejo. Kabupaten Purworejo sudah menjadi zona kuning persebaran Covid-19 dan sudah mencanangkan era new habit (kebiasaan baru), tetapi justru menjadikan masyarakat abai memakai masker .karema masih di temuakan masyarakat yang belum sadar untuk selalu mekai masker.

Pasi Ops Kodim 0708 Purworejo, Kapten Inf Daryanta mengatakan, karena keprihatinan dengan tingkah laku masyarakat, Kodim 0708 dan Polres Purworejo melakukan sosialisasi kebiasaan baru bermasker serta pola hidup bersih dan sehat.

“Setiap hari kami melihat banyak warga beraktivitas di alun-alun baik untuk berwisata atau pun berolahraga. Banyak yang tidak mengenakan masker. Akan kami rutinkan sosialisasi ini tiap satu atau dua minggu sekali,” katanya Kamis (9/7)

Dalam kesempatan itu, petugas juga mengukur suhu tubuh warga yang berkativitas serta membagikan masker bagi yang tidak memakai. Selain di alun-alun yang merupakan pusat kota dan pusat akivitas warga, petugas juga akan melakukan sidak ke toko-toko modern dan pasar.

“Bagi masyarakat atau pun teman-teman yang sedang melatih pembinaan fisik, saya imbau agar tetap jaga jarak. Saat lari masker dibuka tidak apa-apa, tapi saat sudah berhenti, harus dipakai lagi,” ujar Pasi ops Kodim Purworejo.

Sementara itu, dua orang pemuda yang sedang berolahraga,  Ali dan Rizky saat diwawancara tidak menggunakan masker, dan mengaku akan membiasakan diri dengan new habit. Mereka juga mengaku sudah mengetahui soal Perbup Percepatan Covid-19 yang mengharuskan memakai masker dan menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS).

“New habit ya kebiasaan baru, mengurangi penyebaran virus harus memperkuat daya tahan tubuh dengan berolahraga. Tapi sesak (nafas) kalau pakai masker pas olahraga,” kata Ali.”pungksnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *