Kodim Kota Yogyakarta Beri Pelatihan Entry Data Bagi Relawan Menwa Dan FKPPI Dalam Mendukung Program Vaksinasi

Yogyakarta –  Sehubungan dengan diselenggarakannya program vaksin massal bagi masyarakat, untuk membantu tugas didalam program tersebut, khususnya proses input data, Kodim 0734/Kota Yogyakarta menggelar pelatihan untuk Menwa dan FKPPI, Jumat(16/07/2021).

”Pelatihan Operator Data Vaksin yang diikuti perwakilan dari Menwa dan FKPPI di wilayah Kota Yogyakarta dengan pemateri dari personel Kodim yang sudah mengikuti pelatihan sebelumnya di Denkesyah 04.04.02 Yogyakarta, ” ucap Dandim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si saat meninjau kegiatan tersebut.

Pelatihan ini tentang pengetahuan yang harus di kuasai dan  dilakukan oleh para operator dari relawan, juga guna untuk menyamakan persepsi serta bagaimana cara input data yang benar.

”Pelibatan masyarakat, khususnya Menwa dan FKPPI adalah sebagai tenaga non medis yang membantu kelancaran dan suksesnya Program vaksinasi dibagikan pendaftaran / register serta input data, ” terang Dandim.

Dalam pelaksanaan Vaksinasi ada 4 bagian dalam tim yaitu bagian pendaftaran registrasi, Screning, Penyutikan Vaksin dan Bagian Input data, vaksinasi serta Observasi.

Untuk kecepatan vaksinasi, kita tidak bisa hanya membebankan tugas kepada Faskes/Nakes, padahal dalam Tim vaksinator ada 2 kegiatan yang bisa dilakukan oleh selain NAKES/Vaksinator yaitu bagian Pendaftaran/register dan bagian Input data untuk itu Kodim 0734/Kota Yogyakarta melibatkan Menwa dan FKPPI.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *