Kodim 0709/Kebumen, Singkronisasi RTRW Hanrat dengan RTRW Kabupaten

KODIM 0709/KEBUMEN, Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0709/Kebumen mengikuti kegiatan pembinaan rencana tata ruang wilayah pertahanan darat (RTRW Hanrat) yang digelar Kodim 0709/Kebumen dengan menghadirkan pemateri dari Dinas Bappeda Kabupaten Kebumen dengan mengambil tema “keterpaduan dan keserasian pembangunan wilayah pertahanan yang diselaraskan dengan RTRW  dapat menjamin terwujudnya wilayah pertahanan yang tangguh bertempat di aula Makodim 0709/Kebumen Jalan Merak No. 1 Panjer – Kebumen. Rabu (23/9/20).

Dalam sambutannya Plh Kepala Staf Kodim (Kasdim) Kapten Czi Paulus Souhuwat mengatakan,” Saya berharap melalui kegiatan ini, kita akan mampu meningkatkan kemampuan kerja dalam rangka meningkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat.

Pentingnya kegiatan ini, kepada prajurit Kowil agar nantinya bisa lebih memahami tugas dan fungsinya, sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikannya di lapangan. Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agar memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas.” kata Kasdim

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Agus Handoyo juga menekankan akan pentingnya data RTRW Hanrat dengan RTRW Pemkab Kebumen sehingga akan dapat mendukung tugas pokok dan fungsi yang dilakukan Kodim 0709/Kebumen dalam membuat laporan secara berkala, dengan instansi terkait agar data yang diperoleh lebih akurat dan mutakhir.

Hal senada juga disampaikan Kasubid Kewilayahan Bappeda Kebumen Niken Ratna Widiastuti S.Si, M.Eng,” RTRW Kabupaten Kebumen sangat strategis sebagai matra spasial dalam pembangunan di Kabupaten Kebumen. Peran serta seluruh stake holder sangat penting dalam upaya pengimplemantasian RTRW dalam mengatur keseimbangan pemanfaatan ruang di Kabupaten Kebumen. Saat ini RTRW Kabupaten Kebumen sedang dalam proses Revisi, dan memerlukan dukungan dari berbagai pihak supaya proses ini dapat segera selesai dan Perda Revisi RTRW dapat segera ditetapkan. “ ujar dia.

Acara pun dirangkum Bati Puanter Kodim 0709/Kebumen Pelda Suprayitno dengan merujuk pada tema yang diusung, “kita tingkatkan sinergitas RTRW pertahanan darat dengan RTRW pemerintah daerah guna mewujudkan keserasian, keselarasan dan keterpaduan pembangunan kepentingan kesejahteraan dan pertahanan negara”.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *