Kodim 0705/Magelang Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani

MAGELANG,— Untuk mengetahui kemampuan fisik prajurit di jajarannya, Kodim 0705/Magelang menggelar kegiatan tes Kesamaptaan jasmani periode II Tahun anggaran 2020. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh prajurit Kodim 0705/Magelang dan Satuan Taktis yang ada di Wilayah Magelang dilaksanakan di Lapangan Rindam IV/Diponegoro, Kamis (19/11).Dalam pwngarahan mwngawali kegiatan, Kajasrem 072/Pamungkas Kapten Inf Suwito mengatakan tes kesamaptaan jasmani merupakan salah satu sarana untuk mengetahui tingkat kebugaran serta kemampuan fisik yang dimiliki masing-masing prajurit TNI-AD. Tes kesamaptaan yang diselenggarakan setiap enam bulan sekali ini merupakan sebagai parameter yang dapat digunakan sebagai ukuran sukses tidaknya pembinaan fisik para prajurit selama periode tertentu.Masih menurut Kapten Suwito, hasil dari kesamaptaan ini diharapakan adalah fisik yang prima bagi personel Kodim 0705/Magelang sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas sehari hari. Kajasrem meminta para prajurit melaksanakan kegiatan ini dengan serius, semangat namun tetap mengutamakan faktor keselamatan.Sebelum masuk ke lapangan, para personel terlebih dulu melaksanakan cuci tangan dan pengukuran suhu. Hal tersebut dilakukan karena saat ini pandemi belum berakhir.Kegiatan diawali dari pemeriksaan kesehatan serta apel pengecekan adalah untuk mengantisipasi kemungkinan yang dapat terjadi selama pelaksanaan kegiatan. Selanjutnya dilakukan senam peregangan yang dipimpin oleh anggota Tim Jasrem 072/Pamungkas dilanjutkan kesegaran jasmani A dan B.Sementara itu, Kapten Arm Mashudi Pitoyo selaku Komandan Latihan Kesemaptaan Jasmani menambahkan bahwa kesamaptaan pada periode kedua tahun 2020 dilaksanakan kesamaptaan A, B dan dilanjutkan ketangkasan renang di Kolam Renang Tirta Kencana Kodim 0705/Magelang. Rencananya kegiatan tes kesemaptaan jasmani Kodim 0705/Magelang akan dilaksanakan selama dua hari ( Kamis dan Jumat).

“Kita laksanak kesamaptaan A lari selama 12 menit dan kesamaptaan B terdiri dari Pull Up, Sit Up, Push Up, Lunges dan shutle run selanjutnya melaksanakan renang dasar” ujar Pitoyo.

Kapten Arm Pitoyo uga menambahkan bahwa kegiatan kesamaptaan ini wajib hukumnya bagi para prajurit untuk mendukung tugas pokok serta sebagai persyaratan kenaikan pangkat dan untuk kelengkapan administrasi apabila nanti sewaktu-waktu dibutuhkan.“Nilai kesamaptaan ini penting karena sebagai kelengkapan administrasi para prajurit seperti kenaikan pangkat dan keperluan peningkatan karier bagi prajurit,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *