Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa Berkunjung ke Yonif 403/WP.

Yogyakarta, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa melakukan kunjungan ke Yonif 403/Wirasada Pratista, di Kentungan, Yogyakarta setelah kegiatann Upacara Penutupan Pendidikan Taruna dan Taruni tingkat IV di Akmil Magelang, Senin (06/07/2020).

Pada kegiatan kunjungannya di Yonif 403/WP Jenderal Andika Perkasa disambut oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bhakti Agus Fajari, Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, Komandan Batalyon Infanteri 403/WP Mayor Inf Ade Pribadi Siregar dan seluruh Perwira Yonif 403/WP.

Pada kesempatan kunjungan tersebut Kasad menyempatkan diri untuk meninjau langsung kondisi Perumahan anggota Yonif 403/WP dengan berjalan kaki didampingi Pangdam IV/Dip, Danrem 072/Pmk, Danyonif 403/WP dan Kazidam IV//Dip.

Dalam peninjauan ke perumahan anggota Kasad menyampaikan bahwa perumahan prajurit harus layak, harus mempunyai sirkulasi udara yang cukup baik sehingga prajurit nyaman dan betah untuk tinggal di perumahan tersebut.

Karena jika kondisi rumah tidak baik atau tidak layak huni akan berpengaruh atau berdampak buruk bagi prajurit yang menempati rumah tersebut.

Lebih lanjut Kasad mengatakan dalam keseharian tugas prajurit sudah berat untuk kegiatannya untuk itu jangan sampai prajurit terbebani oleh kondisi Perumahan terutama apabila ditinggal tugas, karena konsentrasi terpecah karena memikirkan keluarga yang ditinggal tugas akibat kondisi rumahnya tidak bagus. Jadi rumah yang layak akan memberi rasa aman dan nyaman bagi prajurit yang sedang melaksanakan tugas, demikian ungkap Kasad.

Dalam peninjauan keperumahan anggota ditemukan perumahan yang kondisinya sudah tidak layak lagi dan bahkan ada yang sudah rusak parah dan roboh sehingga rumah-rumah tersebut tidak ditempati lagi, ada 29 barak dengan jumlah rumah sebanyak 191 KK tidak dapat ditempati lagi, sehingga akan segera di renovasi.

Dalam renovasi rumah prajurit disainnya harus bagus, sirkulasi udaranya harus baik, instalasi air dan listriknya juga harus baik sehingga rumah tersebut benar-benar layak huni.

Saya harapkan untuk instalasi listrik dan instalasi air harus ada dua sehingga apabila yang satu ada masalah masih ada cadangan, demikian juga sirkulasi udara harus baik agar prajurit bisa nyaman tinggal dirumah tersebut, ujar Kasad.

Lebih lanjut orang nomor satu di Angkatan Darat tersebut juga meminta dalam penyelesaian pengerjaan pembangunannya tidak boleh satu-satu, upayakan pada masa kondisi sulit ini dapat menampung tenaga kerja yang banyak dengan merekrut tenaga masyarakat sekitar Batalyon.

Pada saat meninjau perumahan, Kasad juga berdialog dengan prajurit penghuni perumahan dengan menanyakan tentang kondisi rumah yang dihuni apakah ada yang bocor apabila hujan, pada kesempatan tersebut Kopda Tri Puji salah satu penghuni perumahan menyampaikan kepada Kasad bahwa rumah yang ditempati jika hujan ada yang bocor dan untuk kayunya sudah banyak yang keropos.

Selain itu juga Kasad berkenan singgah di rumah Praka Eko untuk menjenguk istrinya yang sedang sakit yang baru kembali dari opname di Rumah Sakit Tentara Dr. Soetarto.

Turut hadir juga pada kunjungan Kasad di Yonif 403/WP Kasiops dan Kasi Ren Korem 072/Pmk, serta Dandim 0732/Sleman

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *