Karya Bhakti Bukti Sinergisitas Koramil Bersama Masyarakat, Dalam Mewujudkan Kemanunggalan TNI Rakyat

Yogyakarta – Bakti TNI merupakan salah satu wujud kepedulian TNI AD dalam membantu menangani permasalahan sosial dan kemanusiaan baik atas permintaan maupun atas inisiatif sendiri. Selanjutnya agar dapat mencapai hasil yang diharapkan maka perlu adanya kerja nyata satuan teritorial dalam membina Kemanunggalan TNI Rakyat dengan Karya Bhakti.

Dalam rangka melaksanakan program TNI AD Koramil 10/Wirobrajan Kodim 0734/Yogyakarta melaksanakan Karya Bhakti bersama masyarakat pembersihan aliran sungai Winongo dan sekitarnya yang berpotensi mengganggu aliran dan mengakibatkan banjir yang berlokasi di Kelurahan Patangpuluhan, Kecamatan Wirobrajan Kota Yogyakarta. Minggu (08/03/2020).

Sasaran pembersihan adalah rumpun bambu yang ada di tepi aliran air yang apabila turun hujan dan debit air meningkat biasanya roboh dan menghambat aliran air dan mengakibatkan banjir.

Menurut Kapten Arm Riyanto kegiatan tersebut merupakan upaya mitigasi lanjutan dalam mengantisipasi perubahan musim yang kadang-kadang ekstrim dengan curah hujan yang relatif tinggi sepanjang waktu sehingga debit air sungai winongo mendadak tinggi dan sering berpotensi meluap dipekarangan warga.”Jelasnya.

Personel yang terlibat pada karya Bakti TNI ini diantaranya Personel Koramil 10/Wirobrajan Dan anggota Kodim 0734/Yogyakarta yang Siaga kekuatan 30 orang, bersama KTB, masyarakat setempat sebanyak 50 orang.”Tambahnya.

Menyikapi kegiatan tersebut Lurah Patangpuluhan Bapak Sigit mengapresiasi upaya-upaya antisipatif dalam mengurangi dampak bencana banjir diwilayah yang dilakukan oleh Koramil dan Jajarannya bersama masyarakat.

“Kegiatan tersebut disamping dalam rangka membantu masyarakat agar terhindar dari bahaya banjir juga merupakan bagian dari implementasi program pembinaan teritorial yang dilakukan oleh pemerintahan daerah ditingkat kelurahan.”Tegasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *