Karya Bakti Pembuatan Saluran Irigasi

Anggota Koramil 02/Watumalang bersama relawan Kec.  Watumalang beserta masyarakat Dusun Pagedangan Desa Wonokampir sebanyak 200 orang melaksanakan karya bakti pembuatan selokan/ saluran air sepanjang 450 M di lokasi TMMD.

Kapten Inf Bintarto Danramil 02/Watumalang menyampaikan “Kegiatan karya bakti seperti ini merupakan kegiatan yang harus selalu dilakukan sepanjang waktu. Upaya pembersihan lingkungan dan pembuatan saluran air di musim penghujan sangat dibutuhkan masyarakat sehingga tidak sampai terjadi banjir. Selain itu, manfaat saluran air tidak hanya pada saat musim penghujan saja. Tetapi, disaat musim kemarau juga bermanfaat, kalau salurannya lancar maka air akan mengalir dengan lancar, sehingga air juga tidak banyak yang terbuang atau bocor.”

“Untuk itu, saya menghimbau kepada masyarakat agar benar-benar peduli terhadap kondisi di sekitarnya. Sekiranya ada saluran air yang mengalami pendangkalan atau penyumbatan dan berpotensi banjir, hendaknya segera dilaksanakan kerja bakti. Kalau memang membutuhkan tenaga TNI, silahkan koordinasikan dengan Babinsa,” kata Danramil.

“Karya Bhakti yang dilakukan ini dengan bentuk gotong royong dan saling bahu membahu antara TNI dan warga masyarakat. Bahwa TNI siap membantu masyarakat yang membutuhkan. Karena tugas pokok TNI selain melakukan operasi militer turut serta membantu pemerintah dalam rangka menyejahterakan masyarakat,”  tambahnya.

Kegiatan karya bakti seperti ini sebagai bentuk upaya bersama TNI dan masyarakat. Sehingga terjalin saling membantu dan bergotong royong antara TNI dan warga. “Kami terus berupaya menjaga kekompakan dan keharmonisan antara muspika dan komponen masyarakat lainya. Dengan harapan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat yang selama ini berjalan dengan baik agar lebih harmonis dan lestari,” pungkasnya.

Dalam melaksanakan karya bakti dikhususkan pada pembuatan saluran – saluran air. Tujuannya menaikan endapan tanah yang ada pada saluran tersebut. Juga untuk membersihkan rumput liar yang menghambat laju air.

Karya Bhakti tersebut bertujuan untuk membantu serta memberikan semangat kepada masyarakat, agar tetap menjaga kerukunan dan kerja sama secara bergotong royong. Pembuatan selokan sepanjang 450 M tersebut diharapkan dapat melancarkan aliran air, sehingga pada saat datang musim hujan, air tidak menggenang dan dapat mengalir dengan lancar.

Wardi Kadus Pagedangan mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan Babinsa Koramil 02/Watumalang yang telah memberikan motivator kepada masyarakat kami sehingga program pembuatan saluran air cepat selesai dilaksanakan secara gotong royong.” katanya.

 

Pendim 0707

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *