Jelang Pemilu 2019 Desa Tlogodalem Melaksanakan Apel Kesiapsiagaan

Babinsa Koramil 06/Kertek serda Kris Hartono melaksanakan apel kesiapsiagaan menjelang pemilu di halaman Desa Tlogodalem yang di ikuti 22 anggota Linmas. (08/04)

Pada kesempatan itu, Serda Kris dalam amanatnya menyampaikan, apel kesiapsiagaan ini bertujuan, untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana Linmas sebelum diterjunkan ke lapangan. Dengan harapan perencanaan yang telah disiapkan dapat berjalan dengan optimal dalam rangka mensukseskan Pemilu Serentak 2019.

“Pemilu adalah sarana Demokratis untuk menyampaikan aspirasi rakyat, dalam rangka membentuk sistem pemerintahan yang legitimate dan berkedaulatan rakyat, sehingga pemerintahan dan pimpinan sosial yang lahir dari hasil pemilu merupakan kehendak rakyat dan dijalankan sesuai keinginan rakyat,”ujarnya.

Menurutnya, mengingat arti penting dan strategisnya pemilu bagi keberlangsungan kepemimpinan nasional, pemerintahan dan pembangunan dalam mencapai tujuan Negara.

“Linmas merupakan mitra TNI, jadi dalam pemilu ini harus bersikap netral. Sikap netral perlu ditanamkan, siapapun besok yang akan menang kita harus mensupport dengan cara tidak melakukan perlawanan. Pemilu Serentak 2019 merupakan pemilu yang memiliki hukum, jadi kemenangan suatu kelompok sudah menjadi hal yang fair atau adil,” katanya.

Maka, lanjutnya, pada konteks inilah TNI dengan dibantu unsur terkait termasuk satuan Linmas bertanggung jawab untuk mengawal pergeseran kotak suara dan menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019.

Ia menegaskan, Linmas bertanggung jawab terhadap keamanan di TPS, “Petugas Linmas, tentunya harus memiliki kemampuan dibidang pengamanan, oleh sebab itu petugas Linmas sebelum ditugaskan ke TPS – TPS harus dibekali dengan kemampuan teknis dan keterampilan perorangan, sehingga mampu mencegah, menangkal, dan meniadakan gangguan Kamtibmas khususnya yang mengganggu jalannya proses pemungutan suara di TPS, sehingga pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 berjalan secara aman dan kondusif,” ujarnya.

“Jadikanlah apel kesiapsiagaan ini untuk menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka mengawal dan mengamankan serta mensukseskan Pemilu Serentak 2019, semoga segala tugas dan pengabdian menjadi nilai ibadah dihadapan Tuhan Yang Esa,”pungkasnya.

Ia menghimbau kepada semua peserta apel untuk tetap menjaga suasana kondusif terlebih menjelang pemilu serentak April 2019. “Untuk menghadapi tugas mulia dalam rangka pengamanan pemilu serentak 2019. “Saya berpesan agar semua personil menyiapkan mentak dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi,” katanya.

Tidak hanya itu, Serda Kris juga mengingatkan agar selalu tanggap dan meningkatkan kewaspadaan terhadap oknum yang ingin agar pemilu serentak tidak berjalan dengan aman dan kondusif. Bagi satuan Linmas agar sigap dalam melaksanakan pengamanan baik pergeseran kotak suara ke TPS maupun selama proses pemilihan berlangsung. “Lakukan koordinasis secara terus menerus dengan unsur keamanan dalam hal ini Polri apabila terjadi gangguan dalam pelaksanaan pemilu serentak 2019,” ujarnya.

Danton Linmas Desa Tlogodalem Purbo santoso dan Kades Tlogodalem Nurbudi Santoso mengucapkan terimakasih kepada Serda Kris atas bimbingan dan arahannya. Semoga Pemilu Serentak 2019 ini sukses dan dapat berjalan dengan optimal.

Pendim0707

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *