Jambanisasi, Wujud Nyata Karya Bakti TNI Koramil 04/Banyuurip

Koramil 04/Banyuurip, Kodim 0708/Purworejo, melaksanakan Karya Bakti TNI Semester II Tahun Anggaran 2019. Program pembuatan jamban sehat ini ditujukan bagi keluarga kurang mampu khususnya warga yang belum memiliki jamban.Hal ini dikatakan Danramil 04/Banyuurip Kapten Cba Purwoko, S.Sos, usai apel pagi di Makoramil 04/Banyuurip, Kamis (19/09/2019).

Kapten Cba Purwoko, S.Sos, mengatakan, program jambanisasi yang dilaksanakan Koramil 04/Banyuurip menyasar warga kurang mampu di wilayah teritorial Koramil 04/Banyuurip.

“Penentuan sasaran program jambanisasi ini didasarkan survey lapangan dan koordinasi Babinsa dengan pihak desa. Namun tentunya dengan beberapa kriteria, diantaranya warga yang berpenghasilan di bawah rata-rata UMK, belum memiliki jamban dan sejumlah kriteria lainnya,” terangnya

Program jambanisasi bagi keluarga kurang beruntung secara ekonomi ini, lanjutnya, merupakan upaya TNI dalam membantu meningkatkan kwalitas kesehatan masyarakat.

“Ini bentuk konkret pembinaan teritorial melalui program Bakti TNI dalam rangka pembinaan wilayah demi tewujudnya ketahanan wilayah,” tandasnya.

Lebih lanjut Danramil mengungkapkan, pembuatan jamban sehat ini dikerjakan anggota TNI dari Koramil 04/Banyuurip bersama warga penerima bantuan dan masyarakat setempat sejak Agustus minggu kedua dan ditargetkan pada akhir September dapat dituntaskan.

“Selain untuk membantu mewujudkan kesadaran akan lingkungan yang sehat dan nyaman, program jamban ini bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan dan gotong royong serta memantapkan Kemanunggalan TNI–Rakyat,” ungkapnya.

Sementara itu, Mujiman (51), warga Desa Pakisrejo, salah satu penerima bantuan jamban mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan jamban sehat untuk keluarganya.

“Terima kasih kepada Bapak Danramil dan anggota TNI dari Koramil Banyuurip yang telah membangun jamban bagi keluarga kami,” ungkapnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *