Harganas Ke XXVII Koramil 03/Sempor Dampingi PLKB

KODIM 0709/KEBUMEN, Program Pemerintah di bidang kependudukan adalah mewujudkan keluarga yang sejahtera dan produktif. Program ini ditindaklanjuti oleh satuan jajaran TNI AD khususnya di wilayah Koramil 03/Sempor – Kodim 0709/Kebumen bekerja sama dengan petugas PLKB Kecamatan Sempor menggelar kegiatan KB Kesehatan dalam rangka memperingati HARGANAS (Hari Keluarga Nasional) ke XXVII tahun 2020 di Wilayah Koramil 03/Sempor, Senin (29/6/2020), bertempat di Puskesmas Kecamatan Sempor.

Babinsa Koramil 03/Sempor Serka Haryanto menjelaskan, secara garis besar kegiatan ini merupakan bentuk pelayanan kesehatan. Pada kegiatan ini Koramil 03/Sempor bekerja sama dengan dinas PLKB Sempor dalam memberikan edukasi dan pengetahuan kepada masyarakat khususnya kaum ibu-ibu dalam rangka memperingati Harganas.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Ketua Tim Penggerak PKK Kec. Sempor Ny. Budiono, Korlap PLKB Kec. Sempor Bpk Prayudi, Danramil 03/Sempor diwakili Serka Haryanto beserta 3 (tiga) Personel Koramil 03/Sempor, Kepala Puskesmas Sempor, Kasi Kesos Kec. Sempor, Bidan Petugas Pelayanan KB dan Para Akseptor sejumlah 267 orang.

Rangkaian kegiatan yaitu penyuluhan KB dan Pelayanan KB bagi para Akseptor.
Selaku narasumber adalah Kepala PLKB bapak Prayudi menjelaskan program KB Kesehatan sendiri merupakan bagian dari pelaksanaan program yang melibatkan masyarakat sebagai obyek untuk menekan angka kelahiran.

“Kegiatan ini dilakukan dengan pemasangan alat kontrasepsi, edukasi kesehatan wanita dan memberikan pelayanan kesehatan bagi warga masyarakat,” ujarnya.

Di samping itu beberapa materi yang disampaikan juga terkait perkembangan jumlah penduduk yang semakin meningkat sudah tentu menimbulkan berbagai macam permasalahan diantaranya masalah ekonomi yang paling sangat berpengaruh yang tidak bisa kita kendalikan dengan baik termasuk meningkatnya kebutuhan ekonomi yang semakin komplek.

“Hal lainnya adalah permasalahan pernikahan di usia dini, yang dari aspek kesehatan juga tidak bagus,” katanya.

Di akhir kegiatan tidak lupa menyatakan rasa terima kasih kepada Para Babinsa yang telah banyak membantu mendampingi dalam kegiatan penyuluhan KB di masing masing desa binaanya dan ke depan diharapkan kerjasamanya dalam mensosialisasikan program keluarga berencana baik itu di tingkat Kabupaten maupun di tingkat Kecamatan.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *