Gladi Posko Tanggap Bencana Longsor Bentuk Kesiap Siagaan Prajurit TNI Kodim Wonosobo

Peningkatan kemampuan prajurit dalam melaksanakan tupoksinya yang profesional diperlukan program latihan yang komprehensif. Hal ini menjadi dasar Korem 072/Pamungkas Yogyakarta bersama Kodim Wonosobo mengadakan gladi posko penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan selama tiga hari mulai hari Senin 13 sampai 15 Mei 2019.

Disebutkan apalagi kabupaten Wonosobo merupakan daerah yang memiliki kontur rawan longsor yang disebabkan oleh tingkat kemiringan tanah yang cukup ekstrim disertai dengan curah hujan dengan intensitas tinggi.

Disampaikan Kawasdal Posko gladi posko, Letkol Inf. David bahwa kegiatan yang dilaksanakan guna persiapan satuan dalam menangani bencana yang terjadi di wilayahnya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu strategi untuk mempersiapkan satuan lebih siap dan bisa menganalisa serta mencarikan solusi terbaik bila terjadi suatu permasalahan di wilayahnya.” Ungkap Dandim Temanggung ini.

“Direncanakan gladi akan dilaksanakan selama 3 hari mulai hari tanggal 13 hingga 15 Mei” Imbuhnya.

Ditandaskan Dandim Wonosobo bahwa Gladi Posko tersebut untuk terselenggaranya hubungan Komandan dan staf dalam melaksanakan prosedur hubungan kerja sehingga terjalin kerjasama sesuai dengan tugasnya masing – masing.

“Kami selaku TNI Khususnya Kodim 0707/Wonosobo harus mampu menguasai operasi penanggulangan bencana alam yang terjadi di sini. Di saat orang lain tidak bisa berbuat, kami harus bisa berbuat. Di sinilah peran penting TNI.” Tandas Letkol Czi Fauzan Fadli, S.E.

Lebih lanjut ditegaskan Dandim Wonosobo bahwa penanggulangan bencana alam bukan hanya tugas TNI namun merupakan tugas bersama.

“Oleh sebab itu, diperlukan sinergitas antar instansi. Dan sebagai prajurit TNI harus melakukan antisipasi dan sigap bila terjadi tanggap darurat jika sewaktu-waktu terjadi bencana sehingga bencana dapat tertangani dengan cepat dan tepat.” Tegas Fauzan Fadli.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *