GANDENG GENDONG JADI CARA BABINSA DAN SATGAS COVID-19 KEL. PATANGPULUHAN, DISTRIBUSIKAN  MAKANAN BAGI PASIEN ISOLASI MANDIRI

YOGYAKARTA, – Pemkot Yogyakarta  memberikan bantuan makanan siap santap bagi pasien positif Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri di daerah berbasis Kelurahan. Bantuan logistik bagi pasien covid-19 memanfaatkan pelaku usaha makanan dari warga setempat yang tergabung dalam program gandeng-gendong.

Isolasi mandiri yang dilakukan masyarakat sudah dilakukan sejak munculnya pandemi. Masyarakat sudah secara swadaya membantu tetangganya yang harus tinggal di dalam rumah kurun waktu tertentu.

“Masyarakat sangat sigap membantu, namun berat dalam situasi pandemi seperti ini, ini perlu disubsidi pemerintah dalam mengatasi warga masyarakat yang melakukan isolasi mandiri,” kata Bapak Arifin lurah Patangpuluhan, Jumat (19/02/2021)

Pengadaan bantuan logistik makanan untuk pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah dilakukan berbasis kelurahan melalui kelompok kuliner yang sudah tergabung dalam program Gandeng Gendong.

“Perubahan pola pemberian bantuan logistik tersebut dilakukan untuk memudahkan distribusi bantuan bagi pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri.”pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Babinsa Kelurahan Patangpuluhan Koramil 10/Wirobrajan Kodim 0734/Kota Yogyakarta mengungkapkan, agar pasien tetap bisa memperoleh bantuan logistik, maka dilakukan langsung oleh Kelurahan melalui kelompok Gandeng Gendong yang akan memasak makanan siap saji dan didistribusikan ke pasien isolasi mandiri melalui Posko Terpadu yang tersebut di tiap-tiap RW,” katanya.

Harapannya, lanjut dia, kelompok kuliner Gandeng Gendong tersebut pun bisa tetap berdaya guna sekaligus memudahkan pemberian bantuan ke pasien.”Tambahnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *