Forkopinda Dampingi Petani Wiwitan Panen Kopi

Forkominda Wonosobo bersama Klaster Kopi dan petani melaksanakan Wiwitan panen kopi bertempat di obyek Wisata Setalang Tambi Kejajar. (10/6)

Ahmad Romadhon selaku Ketua panitia penyelenggara dalam sambutnya menyampaikan terima kasih kepada Forkominda dalam acara Sarasehan dan sekaligus wiwitan panen kopi.  Kehadiran rombongan Muspida ini sangat berarti bagi para komunitas klaster kopi khususnya yang  berada di Wonosobo.

A Romadhon melaporkan bahwa kegiatan ini disamping acara sarasehan dan panen perdana kopi untuk tahun 2021 ini juga sekaligus sebagai acara peresmian gedung Coffe Tambi.  Diharapkan gedung ini nantinya bisa menjadi tempat berkumpulnya para pecinta kopi untuk saling belajar dan memberikan informasi seputar kopi.  Sehingga para petani kopi tidak lagi menjual kopi masih dalam kondisi mentah akan tetapi sudah sampai dengan siap saji.  Dengan demikian maka bisa meningkatkan kesejahteraan para petani kopi.

Ahmad Romadhon selaku ketua pengelola obyek wisata Setalang Tambi Kejajar ini mengucapkan banyak terima kasih khususnya kepada Dandim 0707/Wonosobo yang sering mengunjungi tempat wisata Setalang ini untuk memberikan dukungan dan motivasi agar kami bisa meningkatkan kesejahteraan khususnya masyarakat sekitar.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat pada saat pembukaan menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara ini.  Ini sangatlah bagus mengajak para petani untuk mengolah hasil pertanian secara benar sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan bersama.  Karena disini petani tidak hanya mengolah tanaman kopi sampai panen akan tetapi sudah sampai pada tahapan kopi siap untuk diseduh.

Tidak lupa Bupati mengingatkan karena saat ini masih masa pandemi maka kepada komunitas kopi agar bersama sama membantu pemerintah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.  Kehidupan sehari – hari harus terus berjalan. Seperti saat ini adanya kegiatan wiwitan panen kopi dan sarasehan itu semua untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat memberikan dukungan dan apresiasi yang luar biasa kepada pengelola obyek wisata Setalang Tambi Kejajar ini.  Karena dengan memanfaatkan lahan milik Perhutani untuk ditanami kopi dan juga sebagai lokasi obyek wisata.  Ini sungguh suatu potensi yang sangat hebat.  Tidak semua tempat dan orang bisa melakukan hal seperti ini..

Untuk itu pesan Dandim adalah kepada para pelaku obyek wisata Setalang dan petani kopi agar optimis bahwa apa yang dilakukan saat ini besok akan menjadi kebanggan bersama.   Sebab disamping kopi bisa menghasilkan ekonomi, tempat ini sudah menjadi obyek wisata dan apabila dipadukan maka potensi ekonomi akan luar biasa bagi masyarakat dan pengelola.

Harapan Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat adalah saat ini masih tahap permulaan maka tumbuhkan rasa semangat untuk maju.  Bahwa lokasi ini sudah dianugerahi oleh Allah SWT alam yang sangat bagus, tanah yang subur sehingga hanya butuh sedikit inovasi dan kreasi maka akan menjadi tempat yang multifungsi dan bisa menjadi inspirasi atau percontohan daerah lain.

Pendim0707

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *