Forkopimda Sukoharjo Tegakkan Prokes Dan Deklarasi ODF

Danramil 14/Sukoharjo Kapten Arm Sulistiyono menghadiri pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan (BABS) dan Penegakan Protokol kesehatan  3M di Aula Kecamatan Sukoharjo.(15/12)

Pencanangan, deklarasi  dan penegakan prokes tersebut diikuti oleh sekitar 100 peserta, terdiri dari Forkopimda, Camat, Danramil, Kapolsek se Kabupaten Temanggung, Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa, Kader Kesehatan se Kabupaten Temanggung, Kepala Puskesmas dan perangkat desa se Kecamatan Sukoharjo.

Dalam Kesempatan itu Danramil 14/Sukoharjo mengatakan dalam kegiatan ini Penegakan Protokol kesehatan  3M dan  mendeklarasikan bebas buang air besar sembarangan, artinya 100 persen masyarakat Kecamatan Sukoharjo sudah tidak lagi buang air besar sembarangan, sudah bisa mengakses pada jamban yang sehat. “Tetapi pada acara hari ini kami mengingatkan kepada semua stakeholders bahwa yang 100 persen itu baru aksesnya, belum cakupan jamban.

Germas dan ODF sangat erat kaitanya dengan derajat kesehatan masyarakat. Menegaskan arahan Presiden RI, bahwa ada isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas, yaitu stunting. Hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya.

Danramil juga mengimbau kepada semua masyarakat Sukoharjo untuk selalu menaati Protokol Kesehatan dengan membiasakan pola hidup baru dengan penerapan 3M, Mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker dengan benar dan menjaga jarak aman 1 s. d 2 meter dalam menerapkan pergub 51 TA. 2020 PSBB masa transisi menuju masyarakat sehat, aman dan Produktif.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *