DPC PTGMI, Bakti Sosial Pembagian Masker Dan Edukasi Pencegahan Covid-19

Dalam pencegahan penyebaran virus covid-19, DPC Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTHMI) bersama dengan Puskesmas Wirobrajan, Koramil 10/Wirobrajan Kodim 0734/Kota Yogyakarta, BKO Satpol PP Kecamatan Wirobrajan melakukan bakti sosial yang ditujukan kepada pedagang dan pembeli di pasar legi Kelurahan Patangpuluhan Kecamatan Wirobrajan Kota Yogyakarta.Minggu (09/08/2020).

Bakti sosial tersebut dilakukan juga dengan pembagian masker gratis seta mensosialisasikan pencegahan penyebaran virus corona melalui sistem ‘mobile’.

Sebagai bentuk inovasi pelayanan publik pencegahan covid di wilayah Wirobrajan, pedagang dan pembeli dipasar legi menjadi prioritas khusus dalam mencegah dampak serangan virus corona. pedagang dan pembeli dipasar merupakan kelompok yang paling rentan karena banyaknya warga masyarakat berkerumun, sehingga lebih berisiko kefatalan akibat Covid 19.

Ketua DPC PTGMI kota Yogyakarta Ibu Rahayu, AMKG mengatakan, dengan situasi pandemi virus corona seperti saat ini, menjadi momen penting untuk kembali menyadari pentingnya melindungi para pedagang dan pembeli di pasar dari infeksi virus corona.

“Sosialisasi hari ini dilaksanakan di pasar yang merupakan titik paling ramai di wilayah kerja puskesmas Wirobrajan, sambil mengedukasikan cara pencegahan COVID 19 menggunakan sistem mobile, dilakukan juga pembagian masker bagi pedagang dan pembeli yang belum menggunakan masker.”Jelasnya.

“Kegiatan ini diprioritaskan untuk pedagang dan pembeli pasar yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas. Hal ini pula yang mengakibatkan perlunya langkah-langkah perlindungan dan pencegahan di pasar, dengan melibatkan semua lapisan masyarakat dan terutama peran Kepala Pasar dan Keamanan pasar,” ujar Bapak Arifin Kasi Trantib Kecamatan Wirobrajan.

Dalam hal ini, respon masyarakat terutama para pedagang dan pembeli dipasar legi cukup baik, terutama saat petugas menyampaikan edukasi tentang pentingnya menggunakan masker dan edukasi pencegahan Covid 19. Terlihat para pedagang dan pembeli dipasar legi fokus mendengerkan dan menghentikan aktivitas sejenak.”Tambahnya.

Babinsa Kelurahan Patangpuluhan Sertu Triharyanto mengharapkan, masyarakat khususnya para pedagang dan pembeli di pasar legi dapat mewaspadai penularan virus corona dengan selalu menggunakan masker jika beraktifitas di pasar dan selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *