Danrem 072/Pmk bersama Kapolda DIY mengikuti Vidio Conference Menkopolhukam dalam rangka Pileg dan Pilpres 17 April 2019

Bertempat di aula Serba Guna Mapolda DIY, Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Muhammad Zamroni dan kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri mengikuti kegiatan Vicon dengan Menkopolhukam, Vicon dilaksanakan pada Senin (15/04/.2019). Hal ini untuk meyakinkan kesiapan semua aparat yang terlibat dalam pengamanan Pemilu sudah siap dan menyampaikan beberapa penekanan kepada semua pasukan yang ada dilapangan. Rapat digelar dalam rangka melakukan kesiapan akhir dalam pengamanan Pemilu serentak 2019 pada 17 April 2019, mulai dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga proses penghitungan suara.

Pada kesempatan tersebut Menkopolhukam Jenderal Purnawirawan Wiranto memberikan arahan bahwa 17 April 2019 seluruh rakyat akan memberikan hak pilihnya dalam Pemilu serentak. Terimakasih kepada semua pihak yang mempunyai tugas sebagai penyelenggara Pemilu, termaasuk didalamnya TNI- Polri dalam pengamanan, termasuk kepada Tim sukses, relawan yang telah menghadirkan suasana aman dan damai kondusif.

Tidak ada yg sempurna dalam pelaksanaan, maka dari itu kita akan terus memperbaiki pelaksanaan Pemilu dengan melibatkan peran serta masyarakat. Pemilu harus dapat kita laksanakan secara aman, lancar, tertib dan sukses. Masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya tanpa adanya ancaman dan tekanan. Para petugas siap melaksanakan Pemilu dengan seluruh alat kelengkapannya.

Keamanan, kelancaran dan kesuksesan Pemilu menjadi tugas pokok yg harus diperhatikan okeh para Kepala Daerah. Maka netralisir setiap hal yg berpotensi mengganggu penyelenggaraan Pemilu.

Berikan dan ciptakan ruang yg aman bagi para pemilih sesuai amanah konstitusi. Bantu penyelenggara Pemilu. Netralisir setiap indikasi yg berpotensi menimbulkan gangguan Pemilu. Kawal perhitungan suara. Jaga netralitas, sebagai aparat keamanan mengamankan Pemilu merupakan kehormatan.

Hari ini kita rapat koordinasi terakhir dan akan bisa menjawab semua persoalan yg ada. Bisa menutup kekurangan yg ada dari penyelenggaraan Pemilu. Masing-masing daerah mempunyai tingkat kerawanan dan perilaku masyarakat yg berbeda tentu hal ini akan memerlukan penanganan yg berbeda.

Setiap ancaman cari, temukan dan netralisir jangan sampai menimbulkan potensi gangguan. Jangan ada keraguan, aparat harus tegas dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada jangan sampai merembet ke daerah lain.

Selanjutnya Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto menyampaikan arahan Bahwa kita telah berkomitmen memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam memberikan hak pilih di Pemilu ini. Partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS kita harapkan tinggi. Laksanakan patroli gabungan dalam upaya memberikan rasa aman.

Petugas pengamanan di TPS hendaknya memahami peraturan yg ada tentang batasan waktu pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. Hal ini perlu antisipasi dari petugas KPPS.

Pengamanan obyek vital perlu peningkatan pengamanan agar tdk ada gangguan Kamtibmas dalam pelaksanaan Pemilu. Perlu diwaspadai pada minggu yg sama ada perayaan hari besar umat Nasrani yg perlu mendapatkan perhatian dan pengamanan. Bagi seluruh prajurit tetap pegang teguh netralitas dan berpedoman pada Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal ika.(Penrem072)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *